TENTANG KAMI

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) PENDAPA TAMANSISWA adalah kumpulan mahasiswa yang melebur dalam satu kerangka pemikiran intelektual. Sebagai aktualisasi, LPM PENDAPA TAMANSISWA merupakan pionir dalam mengungkap reaksi yang ada di masyarakat.

Kerangka gerakan LPM PENDAPA TAMANSISWA adalah bangunan paradigma hasil proses dialektika keseharian yang berdasar pada ajaran ketamansiswaan (ajaran KI Hadjar Dewantara), sehingga arah perjuangan LPM PENDAPA TAMANSISWA adalah:

  1. Menumbuhkan orientasi pemikiran yang berbasis ketamansiswaan secara kritis dan dinamis untuk berpatisipasi dalam rangka meneruskan perjuangan Ki Hadjar Dewantara (KHD),
  2. Membangun kultur pencari fakta yang lebih mendalam terhadap setiap kegiatan yang dilaksanakan,
  3. Merupakan nilai-nilai yang hakiki dengan kritis, edukatif dan evaluatif,
  4. Memaparkan dengan penuh tanggung jawab atas fakta-fakta yang dibangun secara sistematis.

LPM PENDAPA TAMANSISWA lahir dengan SK. No. 021/SW/KEP/PIM/IV/1988, tentang Lembaga Pers Mahasiswa yang ditandatangani oleh Rektor saat itu, Prof. Imam Sudiyat, SH. tertanggal 4 April 1988. Jadi, jalan panjang yang terus ditelusuri kami bersama segudang lika-likunya yang membuat kami terus bertahan dari goncangan dan arus informasi dan persaingan dengan pers umum.

Visi dari LPM PENDAPA TAMANSISWA adalah terwujudnya budaya kritis, konstruktif inovatif, dan demokratis di kalangan civitas akademika dan masyarakat luas. Sedangkan Misi yang diemban LPM PENDAPA TAMANSISWA adalah memperjuangkan budaya pers yang menjunjung tinggi kebebasan pers dan kode etik jurnalistik.

LPM PENDAPA TAMANSISWA bertujuan mewujudkan cita-cita luhur Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, membina daya upaya LPM PENDAPA TAMANSISWA untuk turut mengarahkan pandangan umum di kalangan mahasiswa dengan berorientasi kerakyatan yang bertaggungjawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), berbangsa dan bernegara, dapat bekerjasama dengan instansi pemerintah dan non-pemerintah dalam negeri sejauh tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar (AD) LPM PENDAPA TAMANSISWA yang mengarah pada dukungan terwujudnya pers mahasiswa yang berkualitas.

Struktur Pengurus


Pengurus Harian
Pemimpin Umum Suroto
Sekretaris Umum Zukhruf Kalyana Mukti, Yessi Evitasari
Bendahara Umum Iik Amahlia, Tasya Putri Kinasih

Pengembangan Sumber Daya Manusia
Koordinator Aldi Julyansyah
Staf Tony Saut Parulian S., Theresia Priska Alfeyans, Nurlaili

Penelitian, Dokumen, dan Pustaka
Koordinator Ade Tegar Irsandy
Staf Rizqika Noor W., Andan Azamy, Nova Dwi A., Anisyah Dewi Sartika

Perusahaan
Koordinator Nurbaya Boseke
Staf Anggi Novita Sari, Yeni Damai Yanti

Jaringan Kerja
Internal Ikke Rindiani
Eksternal Mohamad Dedy Setiawan

Redaksi
Pemimpin Redaksi Laeli Choerun Nikmah
Redaktur Pelaksana Rendi Novrianto Saputra, Widiya Saputri
Redaktur Buletin Lailatul Nur Aini
Redaktur Online Nacida Yahya, Debora Tyanadinda, Yudi Hartono
Layout Ariana Putri, Ine Riana, Wahyudi
Editor Arif Eko Widodo, Handrianus P. Puor, Ade Tegar Irsandy


Kontak

Surel Redaksi: redaksipendapa@gmail.com
Surel Organisasi: persmapendapa@gmail.com


Alamat Redaksi

Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa di Jln. Miliran 20-10, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Yogyakarta