Tentang

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) PENDAPA Tamansiswa
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)
Yogyakarta

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) PENDAPA Tamansiswa adalah kumpulan mahasiswa yang melebur dalam satu kerangka pemikiran intelektual. Sebagai aktualisasi, LPM PENDAPA Tamansiswa merupakan pionir dalam mengungkap reaksi yang ada di masyarakat.

Kerangka gerakan LPM PENDAPA Tamansiswa adalah bangunan paradigma hasil proses dialektika keseharian yang berdasar pada ajaran ketamansiswaan (ajaran KI Hadjar Dewantara), sehingga arah perjuangan LPM PENDAPA Tamansiswa adalah:
1. Menumbuhkan orientasi pemikiran yang berbasis ketamansiswaan secara kritis dan dinamis untuk berpatisipasi dalam rangka meneruskan perjuangan Ki Hadjar Dewantara (KHD).
2. Membangun kultur pencari fakta yang lebih mendalam terhadap setiap kegiatan yang dilaksanakan.
3. Merupakan nilai-nilai yang hakiki dengan kritis, edukatif dan evaluative.
4. Memaparkan dengan penuh tanggung jawab atas fakta-fakta yang dibangun secara sistematis.

LPM PANDAPA Tamansiswa lahir dengan SK. No. 021/SW/KEP/PIM/IV/ 1988, tentang Lembaga Pers Mahasiswa yang ditandatangani oleh Rektor saat itu, Prof. Imam Sudiyat, SH. tertanggal 4 April 1988. Jadi, jalan pajang yang terus ditelusuri kami bersama segudang lika-likunya yang membuat kami terus bertahan dari goncangan dan arus informasi dan persaingan dengan pers umum.

Visi dari LPM PENDAPA Tamansiswa adalah terwujudnya budaya kritis, konstruktif inovatif, dan demokratis di kalangan civitas akademika dan masyarakat luas. Sedangkan Misi yang diemban LPM PENDAPA Tamansiswa adalah memperjuangkan budaya pers yang menjunjung tinggi kebebasan pers dan kode etik jurnalistik.
LPM PENDAPA Tamansiswa bertujuan mewujudkan cita-cita luhur Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, membina daya upaya LPM PENDAPA Tamansiswa untuk turut mengarahkan pandangan umum di kalangan mahasiswa dengan berorientasi kerakyatan yang bertaggungjawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), berbangsa dan bernegara, dapat bekerjasama dengan instansi pemerintah dan non-pemerintah dalam negeri sejauh tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar (AD) LPM PENDAPA Tamansiswa yang mengarah pada dukungan terwujudnya pers mahasiswa yang berkualitas.

LPM PENDAPA Tamansiswa beralamatkan di Kompleks Perpustakaan UST, Jl. Batikan No. 02, Tempel, Wirogunan, Yogyakarta.

Satu tanggapan untuk “Tentang

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *