PELEPASAN MAHASISWA KKN UST PERIODE I 2019/2020

Lembaga Pemberdayaan, Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) UST menggelar pelepasan mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata), (Senin, 08/07/2019) di halaman parkir LP3M. Acara tersebut turut dihadiri Rektor UST, para DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), dan anggota LP3M.

Siti Rochmiyati selaku kepala LP3M, dalam sambutannya mengingatkan kembali bagi para mahasiswa KKN untuk mempersiapkan diri dan juga menjaga kesehatan. “Peserta KKN tahun ini diikuti 1.255 mahasiswa, terbagi menjadi 109 padepokan, menempati 2 provinsi yaitu Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta. Jawa Tengah terdapat 85 padepokan yang akan di tempatkan di Kabupaten Klaten dengan tematik Kampung Ramah Anak. Untuk wilayah D.I Yogyakarta, terdapat 24 padepokan yang akan di tempatkan di Kabupaten Bantul dan kota Yogyakarta dengan tematik Pemberdayaan Keluarga,” tambahnya.

Siti Rochmiyati berpesan agar mahasiswa dapat mengimplementasikan pengabdian kepada masyarakat dengan membawa nama UST untuk mengajarkan ajaran-ajaran Tamansiswa.

Drs H. Pardimin, M.Pd., Ph.D selaku Rektor UST turut memberikan sambutan dan masukan bahwasanya mahasiswa KKN tidak hanya menjaga nama personal tetapi juga nama baik lembaga ketika berada di lingkungan masyarakat.

Roki Ismaldan Samosir, salah satu mahasiswa KKN dari padepokan 40 mengungkapan bahwa KKN merupakan kewajiban yang diberikan kampus sekaligus membantu mahasiswa mengembangkan kepribadian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Menurut saya, KKN merupakan momen yang tepat untuk pengabdian kepada masyarakat, ilmu-ilmu yang kita miliki harus kita terapkan kepada masyarakat dengan benar,” tambah Taufiq Ismail mahasiswa KKN. Taufik juga berharap agar masyarakat dapat menerima mahasiswa dengan baik.[P]