Menuju Dies Natalis UST; Eratkan Silaturahmi dengan Lomba Memasak


Yogyakarta- dalam acara menyambut Dies Natalis Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yoyakarta yang ke-6, panitia menyelenggarakan lomba memasak khusus dosen dan karyawan. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian pertama dari empat rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (01/04/2019). “Kegiatan lomba memasak tahun ini merupakan kegiatan untuk ketiga kalinya yang kami selenggarakan. Tadi di mulai dari jam 08.00 di buka langsung oleh Rektor.” Ungkap Zainnur selaku koordinator acara.

Acara diikuti 28 peserta dari seluruh elemen UST, mulai dari biro, lembaga, Prodi, hingga Perpustakaan. Diadakannya event tersebut, guna mewadahi kreativitas, fashion, dan menjadi wadah silaturahmi bagi elemen civitas akademika, mulai dari dosen dan karyawan. “Acara ini setiap tahunannya meningkat mulai dari tahun pertama berjumlah 16 peserta, tahun kedua 27 peserta, dan sekarang menjadi 28 peserta. Semua unit mengikuti dan dapat kita lihat mulai dari mereka menyiapkan pakaian dan peralatannya sangat antusias,” terang Zainnur.

Dalam penilaian acara lomba masak ini, mekanisme penilaian meliputi 8 poin penting yakni cita rasa, tekstur, kreatifitas, penampilan, kostum/pakaian peserta, kebersihan diri, kebersihan bahan dan lingkungan, kekompakan, dan  ketepatan waktu. Lomba ini melibatkan dosen PKK sebagai juri, selain dari pihak panitia Dies Natalis. Dalam pengelolaan nilai, juri menilai dengan ketat, semua peserta memiliki teknik dan kreativitas masing-masing. “Dalam mengelola nilainya sudah sangat limit, selisihnya cuma sedikit,” ungkap Sri Wahyu Andayani salah satu juri lomba.

Weni Mahardika selaku karyawan GPDP UST mengungkapkan bahwa acara tersebut adalah lomba antar karyawan dan dosen. ”Tidak menyangka bahwa akan juara. Bagaimana kami bisa menampilkan yang maksimal dengan diberikan budget Rp 100.000,00 untuk mengolah olahan. Untuk itu kami mengolah  tiga macam olahan jagung  yaitu : Puding jagung, es jagung, dan samosa jagung daging sapi,” terangnya. “Harapan dengan adakannya kegiatan ini kami dapat  memanfaatkan momen untuk saling mengenal sesama karyawan dari fakultas lain karena tidak setiap hari kami bertemu. Selain kami dituntut untuk bekerja kami juga dituntut kreativitasnya di luar itu.” tambah weni

“Kami sudah  tiga kali ikut ini untuk seru-seruan aja. Antusias mengikuti acaranya sendiri menurut peserta pada acara ini diadakan setiap tahun tidak ada yang menurun meskipun tiap unit-unit sendiri masih ada kegiatan lain, akan tetapi karyawan dan dosen masih tetap antusias untuk mengikuti dan berparstisipasi dalam acara tersebut. Harapannya semoga terus diadakan acara seperti ini, meskupun setiap tahun tim anggotanya berbeda-beda.” Tanggapan Ayu, dosen Mipa sekaligus salah satu peserta.

Harapan Zainnur semoga UST Semakin maju dan berkembang. Melalui event semacam ini, dapat menjebatani siraturahmi antara dosen, karyawan, dan pihak lain yang tentunya dapat menjaga kesembingan sumber daya manusia. “Karena bukan hanya fisik tetapi juga kesehatan menuju yang baik lagi,” pungkasnya. [P]