Sekolah Pasar Modal #1: Ciptakan Investor Muda

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Senin (25/02/2019), Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta menggelar Sekolah Pasar Modal (SPM) #1. Acara berlangsung mulai pukul 08.30 hingga 12.30 WIB di ruang Ki Sarino Mangunpranoto Kampus 1 USTyang diikuti 185 peserta dari mahasiswa FE dan luar FE. Hendra Nur Rahman, selaku Ketua Panitia SPM #1 menjelaskan alasan dilaksanakannya acara untuk mengenalkan lebih luas dunia pasar modal, terkhusus mahasiswa FE UST. “Ingin mengedukasi peserta bahwa dunia pasar modal bukan hanya untuk kalangan atas saja, tapi pelajar/mahasiswa juga,” terang Hendra.

Acara yang mengusung tema “Smart Choice To Be Young Investor” tersebut menjelaskan bahwa dunia bisnis bisa datang dari pasar modal dan menjadikan investor senantiasa berpikir jauh kedepan. “Agar investor mempunyai motivasi menjadi investor yang cerdas, diusunglah tema itu,” tambah Ketua Panitia. Disamping mengajak peserta memiliki prospek kebahagiaan di masa mendatang, SPM #1 yang mengundang pemateri Hery Gunawan Muhammad, S. Ip. (Kepala Cabang Syariah First Asia Capital (FAC) Yogyakarta) dan pemateri pengganti Agnes (Eksekutif Preneur dari Bursa Efek Indonesia (BEI)) merupakan salah satu agenda SPM yang terbagi menjadi 3 level.
“SPM ada tiga level. SPM 2 dikhususkan bagi yang sudah mempunyai account sehingga belajar bertransaksi saham, menganalisis saham, dan menganalisis teknikal serta fundamentalnya.” Jelas Ibnu Damanudin, Ketua KSPM FE UST.
Kegiatan ini ditutup dengan “penyegaran” dan dilanjut Opening Account, Games Kahoot, dan permainan daringuntuk melatih kecepatan, ketelitian, dan pengetahuan peserta tentang Sekolah Pasar Modal.

Melihat besarnya antusias peserta, Ibnu Damanudin berharap banyak agar mahasiswa FE menjadi investor muda, dengan membuka account saham. ”Berinvestasi dengan membuka account saham dan dapatkan manfaatnya,” jelasnya. Senada dengan ketua KSPM UST, Putri Sundariningsih peserta SPM #1 menyambut senang acara, SPM #1 yang dikemas menarik dan memberinya ilmu cara berinvestasi. SPM #1 juga memberi harapan besar akan banyaknya orang-orang berinvestasi sejak dini. “Semoga akan lahir sosok-sosok yang memajukan Pasar Modal Indonesia, terutama dari kalangan mahasiswa.” Tambah Putri di akhir pembicaraan.[P]
Untitled

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *