OLIMPIADE AKUNTANSI NASIONAL 2018

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Ikatan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (IMPSA) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka Olimpiade Akuntansi Nasional Tahun 2018. Kegiatan ini berupa Olimpiade Akuntansi dan turnamen futsal putra dan putri antar SMA/SMK/MA. Serangkaian kegiatan yang berlangsung pada tanggal 9-10 November 2018 ini mengangkat tema “Mengasah Potensi Generasi Muda yang Unggul, Mandiri, Berintegritas, dan Berperilaku Mulia Sesuai Ajaran Tamansiswa”.

TURNAMEN FUTSAL

Kegiatan turnamen futsal dilaksanakan di lapangan futsal 4R Jl. Parangtritis No 161, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta pada 9-10 November 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 32 tim putra dan 16 tim putri. Pembukaan turnamen futsal di hadiri langsung oleh Suyanto selaku Dekan Fakultas Ekonomi UST. Dalam sambutannya, ia mengucapkan rasa terima kasih kepada SMA/SMK/MA yang telah berpatisipasi dalam kegiatan tersebut. “Kami berharap acara ini sukses dan kita tetap menjaga sportifitas jangan sampai ada yang cedera baik cedera fisik maupun cedera hati.” tambah Suyanto.

Turnamen futsal ini menggunakan sistem gugur untuk putri dan sistem pukul atas – pukul bawah untuk putra. Berikut daftar sekolah yang masuk dalam delapan besar yaitu SMA Mummadiyah 7 Yogyakarta, SMK Nasional Berbah, MAN 3 Bantul, SMAN 1 Seyegan, SMKN 6 Yogyakarta, SMK Penerbangan, SMAN 2 Banguntapan, dan SMA Muhammadiyah 1 Prambanan.

Pada tanggal 10 November pertandingan dilanjutkan ke empat besar. Dengan perolehan, tim futsal putra juara 1 diraih MAN 3 Bantul, juara 2 diraih SMAN 1 Seyegan, dan juara 3 diraih SMA Muhamadiyah 7 Yogyakarta. Sedangkan tim futsal putri, juara 1 diraih oleh tiga sekolah sekaligus, yakni SMAN 2 Ngaglik, SMAN 1 Pengasih, dan SMAN 1 Lendah. Kejuaraan umum berakhir di tangan SMAN 2 Ngaglik.

“Acara futsal berjalan lancar dengan sistem keamanan yang terjaga serta sportifitas dari masing-masing tim putra maupun putri.” ungkap Selvianus Katoda selaku Ketua Panitia. Yudha siswa SMK N 7 Yogyakarta salah satu peserta turnamen berharap turnamen selanjutnya bisa diselenggrakan di GOR, agar lebih leluasa. “Turnamen futsal penyelenggarannya sudah bagus, dari segi wasit juga bagus dan harapannya next event bisa dibuat satu grub cukup 4 tim saja.” ungkap Aryudha Dewa Prasetyo. Senada dengan Galih Sulaksono, salah satu peserta turnamen futsal dari SMK Nasional Berbah juga mengungkapkan bahwa turnamennya sudah sangat bagus, professional, dan sangat bermanfaat dalam menumbuhkan bibit-bibit atlit futsal.

OLIMPIADE AKUNTANSI

Olimpiade Akuntansi diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 November 2018 bertempat di Fakultas Ekonomi UST Jalan Kusumanegara No. 121 Yogyakarta. Sambutan diawali oleh Ketua Olimpiade Akuntansi, Wahid Aprilianto dilanjutkan Dekan FE UST, Suyanto. Dalam sambutannya, Suyanto mengatakan bahawa Olimpiade Akuntansi ini diikuti oleh 21 tim SMA/SMK/MA dan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November. “Semoga adik-adik menjadi pahlawan pandai berdiplomasi.” ucapnya.

Turut hadir pula Wakil Rektor 4 UST, Yuyun Yulia membuka resmi acara Olimpiade Akuntansi Nasional 2018. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU oleh Dekan FE UST, Suyanto dan Uminingsih selaku pihak Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi Akuntansi. Dalam acara olimpiade ini diisi juga dengan workshop untuk Pendamping peserta lomba. Ki Sutikno selaku pemateri dalam workshop mengatakan, “Mewujudkan dunia tertib damai dengan manusia yang salam dan bahagia. Mengajarlah tanpa berusaha mengendalikan, mengalir dan tidak mengikat, dan memberi tanpa pamrih.” tuturnya.

Pengumunan hasil kejuaraan kedua kegiatan di atas berlangsung di ruangan Nyi Hadjar, Fakultas Ekonomi UST. Dewi Kusuma Wardani selaku dewan juri mengumumkan pemenang lomba Olimpiade Akuntansi. Juara I diraih SMKN 1 Nglipar dan uara II dariSMKN 1 Bantul disusul SMKN 1 Depok yang meraih juara III sekaligus juara umum. Pemenang megusung piala Gubernur DIY, Walikota DIY, Dinas Pendidikan DIY, Rektor UST, dan uang pembinaan.[P]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *