Kominfo Gelar Diskusi Publik Guna Menumbuhkan Mental Kepemudaan

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Kamis, 25/10/2018 bertempat di Borobudur Hall Hotel Grand Inna, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta menyelenggarakan sebuah forum diskusi publik dengan tema “Bijak Bermedia Sosial untuk Indonesia Maju”. Acara dihadiri oleh kalangan mahasiswa, komunitas blog, dan perwakilan dari beberapa instansi terkait.

Dalam diskusi ini juga membahas mengenai kepemudaan, “media sosial saat ini di penuhi pemuda, jika digunakan dengan bijak dapat memengaruhi ruang publik.” tutur Helmi Malik Bou dalam sambutannya mewakili Kominfo. Kominfo sendiri menyadari bahwa pentingnya informasi di era saat ini. “Informasi adalah sebuah komoditas yang sekarang dapat diperjual-belikan.” tutur Gugun Iswadi, salah satu pembicara perwakilan dari Kominfo dalam pemaparan materinya. Hal yang mendasari ialah dengan mudahnya mengakses informasi, “Kalau bangun tidur hal pertama yang dicari apa? Pasti hp kan?” tambahnya.

Menurut data statistik yang dipaparkan pengguna internet tahun 2017 sudah mencapai 143 juta pengguna, hampir 54% dari total penduduk Indonesia, dari jumlah tersebut terdapat kenaikan sekitar 11 juta penambahan pengguna internet dari tahun 2016. Dari jumlah pengguna internet, mayoritas adalah pemuda. Disinggung pula tentang peran-peran pemuda dalam UU No 40 tahun 2009 tentang kepemudaan.

Penuturan dari Junaidi selaku Wakil Deputi Kementrian Pemuda dan Olah raga, “Pemuda harus berperan aktif dalam kekuatan moral, seperti kontrol sosial dan agen perubahan.” Akses internet yang makin mudah membuat peredaran seperti pornografi, narkoba, dan minuman keras makin marak. Adanya acara ini di harapkan dapat membawa hal positif terutama pada aspek mental kepemudaan di Indonesia pada umumnya. [P]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *