Peringati Hari Sumpah Pemuda: IMPSA UST Adakan Lomba Esai Antar Mahasiswa Se-DIY

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dan merealisasikan program kerja Ikatan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (IMPSA) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) mengadakan lomba esai antar mahasiswa se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan waktu pelaksanaan mulai dari 6 sepetember 2018 – 25 Oktober 2018. Lomba esai ini mengangkat tema “Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan DuniaTertib, Damai , Salam bahagia serta Mandiri Dalam Menyongsong Era Emas 2045”.
Senin, 29 Oktober 2018 diadakannya acara pengumuman sekaligus presentasi hasil lomba esai. Kegiatan ini dihadir ioleh Dekan Fakultas Ekonomi, Kepala Program Studi Akuntansi UST, Teguh Erawati, Ignatius Soni Kurniawan, Ki Sutikno serta dua belas (12) peserta lomba. Pengumuman dan presentasi ini berlangsung di ruangan NYI Hadjar Dewantara Fakultas Ekonomi lantai 2. Acara dimulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, Himne Tamansiswa dan Mars UST kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan sampai pada acara puncak pengumuman dan presentasi hasil lomba.
Dalam sambutannya Tri Iswanto selaku ketua panitia mengucapkan terimakasih kepada Kurator dan panitia serta peserta lomba karena membantu menyukseskan acara ini.“Alasan mengapa kami memilih tema tersebut karena kita sebagai pemuda harus mampu mengembangkan diri di segala kondisi. ”jelas Iswanto. Ketua IMPSA Choirul Anam pun menambahkan dalam sambutannya bahwa dengan adanya lomba esai ini maka akan menumbuhkan sifat kritis, mengasah gagasan dalam mewujudkan dunia tertib, damai salam bahagia menyongsong era emas 2045. “ Mahasiswa dituntut kritis karena 2045 terjadi bonus demografi , jadi ada banyak usia produktif pada tahun tersebut.” Tambah Anam.
Sri Ayem selaku kaprodi Akuntansi dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini bertepatan dengan sumpah pemuda jadi merupakan waktu sangat tepat.”Kami dari prodi sangat berterimakasih kepada teman-teman dari luar UST yang turut berpartisipasi dalam lomba esai antar mahasiswa ini” Jelas Sri Ayem. Acara ini pun dihadiri oleh Suyanto selaku dekan Fakultas Ekonomi UST dan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih untuk seluruh panitia sekaligus membuka dengan resmi acara pengumuman dan presentasi hasil lomba esai.
Dalam acara ini pun turut hadir Ki Sutikno selaku Kurator lomba esai. Dalam kesempatan tersebut ia membahas tema lomba esai secara garis besar. “ Kunci kebahagian adalah kejujuran.” Jelas Ki Tikno. “ Sebuah kejujuran tidak akan pernah terwujud jika tidak mengucapkan salam.” Tambahnya.
Dalam pengumuman hasil lomba yang dibacakan oleh Maya Pradina selaku master of ceremony (MC) diperoleh hasil Juara I Ahmad Yani dari prodi Manajemen UST , Juara II Risma Wulan Selviana dari Prodi Manajemen UST, juara II Ida Wahyu Ningsih dari Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), dan juara harapan I Rahadiyanto Prasetyo dari prodi Akuntansi UST.
Ahmad Yani sebagai pemenang lomba esai antar mahasiswa se-DIY mengungkapkan bahwa Mahasiswa dituntut untuk bisa berkarya melalui tulisan. “Menurut saya acara ini luar biasa karena acara yang diadakan IMPSA bertepatan dengan sumpah pemuda dan tema lomba sangat menarik karena lagi-lagi kita dihadapkan kondisi bangsa dimana pemuda memilik peran yang sangat penting didalamnya.” Jelas Ahmad. Semoga kegiatan seperti ini menjadi agenda rutin setiap tahun atau setiap kepengurusan IMPSA.” Tambahnya. [P]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *