Pendapa Wadahi Minat Jurnalistik Mahasiswa

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Bertempat di Wisma Tamansiswa, Kaliurang, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Pendapa Tamansiswa mengadakan In House Training (IHT) atau disebut juga Pelatiahan Jurnalistik Dasar. IHT diadakan untuk mewadahi mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa  yang mempunyai minat dalam bidang jurnalistik. Acara ini menjadi rangkaian terakhir bagi mahasiswa yang mendaftar menjadi anggota magang LPM Pendapa.

Arif selaku Pemimpin Umum LPM Pendapa mengungkapkan bahwa tidak sedikit mahasiswa yang menaruh minat dalam bidang jurnalistik. Sehingga minat belajar mahasiswa ini perlu disalurkan ke suatu organisasi yang bergerak dalam dunia jurnalistik. “Minat mahasiswa untuk belajar ini mestinya disalurkan. Maka dari itu, Pendapa mengadakan IHT atau Pelatihan Jurnalistik,” ungkap Arif.

Acara yang diadakan pada 13 hingga 14 Oktober 2018 ini tidak hanya diisi dengan materi-materi, namun juga diselingi dengan Pentas Sastra yang sifatnya menghibur. Selain itu, mahasiswa yang mengikuti IHT langsung diarahkan untuk melakukan praktik langsung wawancara dan membuat berita. “Agar tidak menjadi pengetahuan semata, peserta diarahkan untuk praktik langsung. Sehingga peserta tidak hanya paham teorinya saja, namun juga merasakan susahnya menuangkan informasi menjadi berita,” jelas Suroto ketua panitia IHT.

Peserta yang mengikuti IHT mengaku mendapat manfaat dan pengetahuan baru. Ekyen salah satunya,  mengungkapkan jika dirinya juga mendapat pengetahuan dan sudut pandang yang berbeda dari yang ia peroleh sebelumnya. “Segalanya dibawa enjoy. Itu yang keren sekali, apalagi tidak ada senioritas. IHT di tempat yang bersejarah, itu power-nya luar biasa sekali. Saya suka sekali lingkungannya, jadi pulang membawa banyak sekali inspirasi baru,” ujar Ekyen mahasiswa yang baru masuk UST tahun ini.[P]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *