Awal Tahun Baru, Satuan Resimen Mahasiswa Dewantara (MENWA) Lantik Komandan Baru

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Yogyakarta (Jumat, 5/1/18), bertempat di ruang Nyi Hadjar Dewantara, kampus 2 Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Jln. Kusumanegara No 121, Komando Mahasiswa Mahakarta Satuan Dewantara UST resmi lantik komandan baru periode 2018.

Beberapa proses dan tahapan harus dilalui para kandidat atau peserta untuk menjadi komandan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) dari pertama kali bergabung di satuan hingga menjadi seorang komandan. “Ada beberapa tahapan yang saya lewati, mulai dari menjadi camen (calon Menwa), cata (calon anggota), dan barulah saya menjadi anggota Menwa dan dipercaya menjadi komandan,“ ungkap Ahmad Umam Mustopa, selaku komandan baru Menwa Dewantara.

Mustopa juga menambahkan, untuk menjadi calon Menwa, mahasiswa akan mengikuti berbagai tes seleksi, yakni pra pendidikan dasar, dan pendidikan dasar untuk menjadi calon anggota. Prosesi terakhir yang terakhir adalah mahsiswa akan mendapatkan pembaretan dan atribut anggota Menwa. Sebelumnya mahasiswa akan dites, mulai dari tes fisik, tes mental, tes ideologi, dan yang terakhir tes kesehatan untuk mengikuti pra pendidikan dasar di kesatuan dewantara. Dilanjutkan calon anggota akan mengikuti karantina satuan pendidikan dasar yang dilaksanakan serentak se-DIY, selama sepuluh hari di Magelang. “Melalui pembaretan, anggota memperoleh atribut tanda menjadi anggota Menwa,” tambah mahasiswa PGSD tersebut.

Menwa Satuan Dewantara berharap penuh untuk bisa menjadi lebih baik dengan program kerja (proker) yang lebih efektif, efisien, dan tentunya dapat melanjutkan estafet kepemimpinan yang progresif. “Dengan amanah yang saya embani kini, kita berharap Komando Satuan Dewantara dapat memberikan kontribusi yang lebih bagi UST, dan mampu menjalin hubungan kerja sama yang erat dengan UKM-UKM maupun lembaga kemahasiswaan yang ada dilingkup UST,” pungkasya.[P]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *