LPM Pendapa Lantik Anggota Magang

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Pendapa Tamansiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), telah melaksanakan kegiatan In House Training (IHT). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja tahunan LPM Pendapa Tamansiswa, yang lebih di kenal dengan istilah Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). IHT sendiri berlangsung selama dua hari pada Sabtu, sampai dengan minggu (18-19/11/17), yang bertempatkan di Wisma Andreas Kaliurang.

Sesuai dengan surat keputusan NO:002/PU/LPM PENDAPA TAMANSISWA/XI/2017

menimbang:

  1. Bahwa kepengurusan LPM PENDAPA Tamansiswa perlu melakukan kaderisasi untuk melanjutkan kerja-kerja organisasi ke depan.
  2. Bahwa kerja pembangunan LPM PENDAPA Tamansiswa membutuhkan kader-kader yang memiliki semangat juang tinggi dan mampu bekerja sesuai prinsip kekeluargaan yang berdasar pada Pancasila dan Pancadarma Tamansiswa.

Serta mengingat pada pasal 7 AD LPM PENDAPA Tamansiwa, IHT menjadi kegiatan wajib dan kegiatan rutin yang harus diikuti oleh aggota calon magang.

Banyak prosedur untuk menjadi anggota LPM Pendapa Tamansiswa. Seperti yang diungkapkan Pemimpin Umum LPM Pendapa Tamansiswa Arif Widodo, bahwa proses penerimaan anggota baru sudah berjalan kurang lebih selama tiga bulan. Mulai dari pendaftaran, tes wawancara, dan mengikuti diskusi rutin LPM Pendapa. “Sebelum menjadi anggota tetap, anggota baru harus mengikuti beberapa prosesi kegiatan. Sebagai langkah pengenalan sekligus seleksi” tambah pria asal Temanggung ini.

IHT yang telah terlaksana, merupakan langkah awal LPM Pendapa Tamansiswa dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas calon anggota magang untuk lebih mengenal ilmu juranlistik. Novrianto selaku ketua panitia kegiatan IHT, mengungkapkan bahwa IHT adalah bekal bagi peserta magang untuk terjun langsung di lapangan. Dengan mendatangkan pemateri sesuai dengan bidang yang disampaikan. Pemateri didatngkan dari, Alumni Pendapa, Aliansi Jurnalis Indpenden (AJI) Yogyakarta, dan melibatkan dosen UST.

Adapun materi yang disampaikan berupa Kode Etik Jurnalistik, teknik wawancara, penulisan berita straight news, penulisan feature, koorganisasian, dan kependapaan. “Keenam materi tersebut menjadi dasar peserta anggota magang, untuk melaksanakan reportase di lapangan. Jadi pada hari minggu kemarin, para calon anggota magang melakukan reportase lapangan di Telaga Putri,” jelas Novrianto.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini, tidak semua diisi dengan materi. Panitia memfasilitasi peserta anggota calon magang untuk berkarya dan berekspresi melalui Pensi. Antusias peserta terlihat saat mereka bersemangat untuk menampilan bakat mereka dengan penampilan berkelompok. Mulai dari baca puisi, musikalisasi puisi, dan berdrama. “Alhasil kegiatan yang diikuti oleh 30 perserta anggota calon magang ini, dapat berjalan dengan lancar, dan meriah,” terang ketua panitia.

Kegiatan diakhiri dengan penyampaian surat keputusan dari calon anggota magang menjadi anggota magang oleh Pemimpin Umum LPM Pendapa. Surat Keputusan ini di sambut hangat oleh seluruh peserta anggota magang. “Kegiatannya sangat mengesankan, dan banyak pengetahuan yang didapatkan,” ujar Nurjanah, salah satu anggota magang saat menyampaikan kesan dan pesan di akhir evaluasi acara. “Harapan setelah IHT ini berlangsung, anggota magang dan anggota tetap dapat bekerja dengan solid untuk memajukan LPM Pendapa Tamansiswa,” pungkas Arif.[P]         

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *