Menjalin Komunikasi Yang Baik Lewat Makrab

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) belajar berkomunikasi melalui Malam Keakraban (Makrab). Acara yang dilaksanakan pada 4-5 November di Wisma Merbabu Kaliurang ini diikuti oleh kurang lebih 150 mahasiswa PBI.

Dengan mengangkat tema Comunication, panitia pelaksana bermaksud untuk menciptakan komunikasi yang baik dan lancar antara mahasiswa baru dengan mahasiswa angkatan pendahulunya. Berlatih komunikasi dimulai dengan mendorong peserta untuk berpartisipasi aktif pada saat sesi materi. “sebenarnya bukan hanya keakraban saja yang dilatih tetapi juga komunikasi yang baik antar sesama mahasiswa juga perlu dilatih, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi,” ungkap Fery Riyan Sanjaya selaku wakil ketua penitia.

Dalam Makrab ini peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan melibatkan unsur panitia untuk bergabung dengan kelompok. Hal tersebut ditujukan agar terjalin komunikasi aktif antara peserta dengan panitia penyelenggara. Selain itu masing-masing kelompok juga diminta untuk menampilkan sebuah tarian. Setelah menampilkan tari-tarian ada beberapa peserta yang tampil menyanyikan lagu sebagai hiburan.

Setelah mengikuti kegiatan ini, Istiana salah seorang peserta mengaku dirinya termotivasi dan berharap agar kebersamaan di PBI bisa terjaga. Mahasiswi semester satu ini juga mengungkapkan bahwa “Pada saat sesi permainan kelihatan sekali kebersamaannya dan membuat kita berkomunikasi dengan lancar,” ujarnya.

Acara yang melibatkan 34 orang panitia ini sempat mengalami kendala, dikarenakan dana kemahasiswaan dari pihak kampus tidak kunjung turun. Akhirnya panitia berinisiatif untuk patungan, guna memenuhi kekurangan dana. “sebetulnya sudah meminta dana ke pihak kampus, tetapi tidak kunjung turun dan waktunya juga sudah mepet, uang patungannya dibuat cukup-cukup saja” jelas Fery.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *