Deklarasi Kebangsaan Melawan Radikalisme

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Sabtu, (28/10/2017) memperingati hari Sumpah Pemuda ke-89 sebanyak 89 universitas di Yogyakarta mengikuti sebuah deklarasi. Acara yang mengangkat tema “Deklarasi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme” dilaksanakan di lapangan Mandala Krida, Yogyakarta.

Dari 89 universitas tersebut, salah satunya adalah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST). UST mengikutsertakan mahasiswanya dari lima fakultas yaitu fakultas Psiklogi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi .

“Kegiatan ini ternyata mendapat apresiasi yang luar biasa dari berbagai pihak”, ungkap ketua panitia Agus Bintoro. Rektor UST, Pardimin pun turut dalam kegiatan tersebut. Beliau selaku Ketua Panitia Pengarah memberi sambutan dalam acara tersebut.

“Kegiatan ini pun tidak dibuka secara resmi karena bagi pihak panitia mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kerjasama dari berbagai pihak. Seperti Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) DIY dan semua peserta.” jelas Agus Bintoro.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya pembacaan pembukaan Undang Undang Dasar Republik Indonesia 1945, pembacaan Sumpah Pemuda, dan pembacaan Deklarasi Melawan Radikalisme.

Selain itu, deklarasi ini pun diisi dengan orasi-orasi dari berbagai pihak. Ada orasi kebangsaan Menteri Dalam Negeri, orasi kebangsaan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan orasi kebangsaan dari Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Yudian Wahyudi.

Seluruh peserta deklarasi dengan antusiasme mengikuti acara tersebut. Sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan terarah.[P]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *