Donor Darah: Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Kegiatan donor darah di Ruang Ki Sarino, Senin, (24/10/2016). Foto: Lucya/Pendapa
Kegiatan donor darah di Ruang Ki Sarino, Senin, (24/10/2016). Foto: Lucya/Pendapa

Senin pagi, (24/10/2016) beberapa orang terlihat memadati Ruangan Ki Sarino Mangunpranoto yang berada di Kampus Pusat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST). Beberapa mahasiswa dan dosen pun terlihat berlalu-lalang di ruangan tersebut. “Ini adalah kegiatan Donor Darah,” ungkap Laela, salah satu panitia donor darah yang berhasil ditemui Tim Pendapa di sela-sela kesibukannya.

Nyi Sunasri selaku penanggungjawab acara tersebut menuturkan, acara donor darah tersebut merupakan salah satu rangkaian acara untuk memeriahkan Dies Natalis UST KE-61. Selain itu, acara Donor Darah tersebut adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan menyumbangkan darah bagi mereka yang membutuhkan. “Salah satu kegiatan dari kampus, pengabdian masyarakat dalam bentuk donor darah,” tegas Nyi Sunasri.

Acara yang berlangsung atas kerjasama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka, UKM Resimen Mahasiswa (menwa) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta tersebut, berhasil mengumpulkan puluhan kantong darah dengan kurang lebih 50 pendonor.

Kendati berlangsung dari pukul 09.00-12.00 WIB, Sunasri berharap kantung darah yang terkumpul dari pendonor dapat diberikan langsung ke instansi terkait untuk diberikan kepada pasien yang membutuhkan. “Harapannya bisa membantu sesama kita yang membutuhkan darah itu, khususnya dari universitas,” pungkasnya.[p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *