Lestarikan Lagu Daerah Lewat Festival Band

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Dalam rangka Dies Natalis ke-61 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Minggu, (01/05) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Musik Dewantara mengadakan UST FEST, sebuah festival band pelajar yang juga berisi agenda tahunan Controversial Music Collaboration (CMC) #13. Kegiatan yang mengusung tema Sorak Sorai Kebudayaan tersebut diikuti oleh 14 peserta yang tak hanya berasal dari Kota Yogyakarta, namun juga berasal dari Kota Magelang, Kebumen, dan Klaten.

Diselenggarakan di kampus pusat UST, acara tersebut terbagi menjadi dua bagian, siang hari di isi dengan festival band pelajar, dan malam harinya di isi dengan penampilan gabungan dari beberapa kampus yang tergabung di Forum Komunikasi UKM Musik. Riza Laksmana Krismantoro selaku ketua panitia mengungkapkan keistimewaan dari acara tersebut ialah tujuannya. “Untuk menyatukan Forum Komunikasi (FK) UKM Musik Se-Yogyakarya, karena FK jarang kumpul. Kita kumpulin anak-anak FK itu disini yang nggak main pun ikut kumpul (nonton),” terang pria asal Kebumen ini.

Riza menceritakan, tema Sorak Sorai Kebudayaan di usung bedasarkan realita di zaman sekarang anak-anak yang menduduki Sekolah Menengah Atas (SMA) cenderung memiliki minat musik ke Negara bagian barat, banyak dari mereka yang sudah tidak tahu musik daerah, bahkan cara memainkan musik daerah, menurut Riza mereka tidak tahu. “Makanya, kami ingin melestarikan musik daerah dengan festival band yang persyaratannya itu wajib menyanyikan satu lagu daerah,” ujar Mahaiswa Pendidikan Teknik Mesin tesebut.

Riza berharap, acara selanjutnya yang diadakan oleh UKM Musik Dewantara bisa jauh lebih meriah, FK UKM Musik bisa lebih solid dan saling suport satu dengan yang lain. “Kalau mungkin dari tahun-tahun sebelumnya kurang suport,  jadi, ya sekarang lebih suport, dan kedepannya lebih suport lagi,” ungkap Riza. [P]

Satu tanggapan untuk “Lestarikan Lagu Daerah Lewat Festival Band

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *