Maknai Hari Kartini, FMSR Gelar Pameran Wanita Berkarya

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Poster publikasi pemeran wanita berkarya; Kusumawicitra, kamilah kartini selanjutnya. (Dok.Aziz/Pendapa)
Poster publikasi pemeran wanita berkarya; Kusumawicitra, kamilah kartini selanjutnya. (Dok.Aziz/Pendapa)

Memperingati hari kartini, Progam studi (Prodi) Pendidikan Seni Rupa (PSR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) memaknainya dengan menyelenggarakan pameran seni bertajuk “Kusumawicitra, Kamlilah Kartini Selanjutnya” Kamis, (21/4). Pameran yang berlangsung selama tiga hari tersebut bertempat di Tahun Mas Art Room Kasongan, Bantul, Yogyakarta dengan melibatkan beberapa akademisi di Prodi PSR seperti mahasiswa, pamong, dan alumni.

Sesuai dengan judulnya, yaitu Pameran Wanita Berkarya maka tidak mengherankan jika Forum Mahasiswa Seni Rupa (FMSR) sekalu pelaksana kegiatan menghadirkan Dr. Citra Aryandari, S.Sn., M.A. yang merupakan Leturer at Ethomusicology Departement untuk membuka pameran. Selain itu, FMSR juga melibatkan penulis perempuan Insanul Qisti Barriyah, S.Sn., M.Sn. untuk memberikan apresiasinya dalam pameran tersebut.

Elis Mustika Rahayu selaku Art Director Pameran Wanita Berkarya menjelaskan konsep kusumawicitra di ambil dari bahasa sansekerta yang berarti seribu bunga. Dengan bersemboyan seribu bunga, Elis Mustika mengungkapkan bahwa perempuan memiliki karateristik yang bermacam-macam namun mempunyai satu tujuan bersama, yaitu perempuan memiliki semangat perjuangan seperti Kartini. “Perempuan tidak hanya di sumur, dapur, dan kasur,” tegas Elis Mustika.

Elis Mustika sangat berharap Keluarga Besar Tamansiswa dapat mengapresiasi karya seni rupa baik dari mahasiswa, pamong maupun alumni. Selain itu, dengan terselenggaranya pameran ini, Elis Mustika menghimbau kepada seluruh perempuan di Tamansiswa agar dapat termotivasi untuk berkarya lebih giat lagi. “Seorang perempuan juga harus berkarya,” tegas Art Director Pameran Wanita Berkarya, Elis Mustika.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *