Jurnalis Muda Menemukan Cinta di Pelatjur

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Rabu,( 12/09/2015), bertempat di ruang Koenjono lantai IV Gedung Pusat BAA KAMPUS II Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Natas menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik (PELATJUR). Dihadiri oleh 62 peserta dan 39 perwakilan dari LPM se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kegiatan yang bertemakan “Jurnalis Muda Menemukan Cinta” ini bertujuan melatih kemampuan menulis anggota LPM Natas sekaligus anggota LPM dan mahasiswa umum di DIY.
Anang Zakaria selaku Koordinator Devisi Sekolah Jurnalistik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta mengawali kegiatan PELATJUR ini dengan memberi materi In Depth Reporting. Anang menyampaikan tips menjadi jurnalis yang kreatif dan cerdas dalam mencari data, “pelajari kebiasaan narasumber yang ingin kita wawancarai, seperti halnya makan bubur panas dan membakar obat nyamuk artinya mencari data dengan bertahap untuk mencapai In Depth Reporting yang lebih dalam dan lengkap,” tegas Anang.
Materi selanjutnya membahas mengenai bentuk laporan jurnalistik yang disampaikan oleh Agung Sedayu selaku jurnalis Tempo. Agung memberi arahan bagaimana cara merancang laporan mendalam. “ Indepth report, laporan yang mendalam mempunyai titik tekan pada mengapa (why) dan bagaimana (how), dengan begitu info yang mendalam akan tampak jelas,” ucap Agung. Agung juga memberi perbedaan secara singkat antara straight news dan indepth report, “straight news itu baru dalam peristiwa sedangkan indepth report itu informasi yang baru,” ucap lagi Agung.
“Acara ini untuk wadah belajar bagi jurnalis-jurnalis Natas khususnya, umumnya LPM se-DIY,” tegas Rosa Vania Setowati selaku Pemimpin UKPM Natas. Vania berharap dengan terselenggaranya PELATJUR ini, anggota LPM Natas dapat meningkatkan kreativitasnya dalam bidang jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *