Safari Jurnalistik PWI, Refresh Ideologi Wartawan

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

DSCF13691Jadwal kuliah masih libur, tapi di lantai 2 kampus pusat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) pada Sabtu (08/08/15) tepatnya di ruang Ki Hadjar Dewantara, ramai berlangsung diskusi ilmiah. Beberapa mahasiswa, dosen, wartawan, dan beberapa pejabat rektorat UST tampak fokus mengikuti pelatihan jurnalistik siang tadi. Safari jurnalistik 2015 dengan tag line “Profesional-Berwawasan-Beretika” adalah tema yang diangkat oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai penyelenggara acara.
“Setiap tahun PWI berkunjung ke sepuluh provinsi di Indonesia untuk menyegarkan pengetahuan dan etika para wartawan,” tutur Marah Sakti Siregar selaku Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat menjelaskan alasannya bersafari jurnalistik setiap tahun. Lain halnya dengan Marah Sakti, Hendry Ch Bangun memaparkan perlunya Safari jurnalistik 2015 demi meningkatkan kompetensi wartawan. “Demi meningkatkan kompetensi, guru ada sertifikasi, bahkan tukang patung juga ada sertifikasi, masa wartawan gak ada sertifikasi,” ucap Hendry selaku Sekjen PWI Pusat sekaligus pemateri Sertifikasi Kompetensi Wartawan.
Menyangkut Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Widodo Asmowiyoto selaku pemateri KEJ menuturkan,”tidak mungkin tercipta pers yang baik dan berwibawa tanpa moral yang tinggi.” Hal tersebut yang menjadi alasan PWI mencantumkan KEJ sebagai salah satu materi demi meninggikan moral wartawan.
Sebelum acara berakhir, ada sesi simbolis penyerahan sertifikat dan souvenir dari perwakilan rektorat dan perwakilan dari PWI kepada peserta. Dilanjut sesi foto bersama peserta Safari Jurnalistik 2015, Marah sakti sembari menuturkan, “Ingat, wartawan itu profesi mulia, bukan remeh temeh, ia wajib hukumya bekerja untuk membela kepentingan publik,”.
Di akhir acara beberapa peserta tampak masih antusias sambil kembali membolak-balikan print out materi. “Cukup membangun, membantu kinerja kami di lapangan, terlebih bagi saya wartawan muda,” pungkas Harwinanto selaku peserta safari.[P]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *