Cara Taman Pintar Mengapresiasi Seni

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Wisatawan melukis bersama dan menggantungkan karya seni lukisan di pohon harapan
Wisatawan melukis bersama dan menggantungkan karya seni lukisan di pohon harapan. Foto:Aziz/PENDAPA

Sabtu (06/06/2015), pukul 10.30 pembukaan pameran seni rupa “Oplosan” dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta digelar di Taman Pintar Yogyakarta. Pameran yang diadakan oleh salah satu Komunitas Perupa di Yogyakarta dengan kerjasama Pemkot Yogyakarta ini bertujuan untuk mengenalkan seni rupa kepada para wisatawan. Puluhan wisatawan Taman Pintar ikut meramaikan acara tersebut dengan menggambar. Menariknya, acara tersebut tidak hanya menggelar karya seni rupa saja, melainkan para wisatawan baik anak-anak maupun dewasa diajak untuk melukis bersama. Hasil lukisan dari wisatawan kemudian diletakan di pohon harapan hingga senin mendadang. Untuk memeriahkan acara, wisatawan juga dapat melihat hasil lukisan body painting yaitu melukis di tubuh manusia menggunakan cat.

Dalam sambutannya Yosep Wiyono M.Sn selaku ketua panitia pameran seni rupa oplosan mengatakan bahwa tujuan diadakanya pameran seni rupa tesebut adalah untuk mencerdaskan masyarakat dan menanamkan kecintaan masyarakat terhadap seni rupa. “Sekali lagi wujud dari pameran oplosan ini merupakan salah satu misi dari kami,” tambah Yosep Wiyono.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan seni rupa oplosan merupakan sebuah pameran seni rupa yang sangat baik. Seni adalah bahasa yang universal karena semua dapt berkomunikasi melalui kaya seni. “Taman Pintar bukan hanya tempat untuk anak-anak tapi hari ini menjadi tempat untuk seniman,” tegas Haryadi Suyuti dalam membuka acara pameran.[P]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *