Peringati Hardiknas Mendikbud Kunjungi Taman Wijaya Brata

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Anies Baswedan saat melakukan tabur bunga dimakam Ki Hadjar Dewantara. (23/05/15). foto: Aziz/Pendapa
Anies Baswedan saat melakukan tabur bunga dimakam Ki Hadjar Dewantara. (23/05/15). foto: Aziz/Pendapa

Sabtu, (23/05) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan kunjungi makam Ki Hadjar Dewantara yang bertempat di Taman Wijaya Brata Yogyakarta. Ada pun civitas yang menyambut datangnya Mendikbud seperti Ki Pardimin Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Ki Sri Edi Suasono Ketua Umum Majelis Luhur Tamansiswa Yogyakarta, Pengurus Majelis Luhur Tamansiswa dan Kepala Dinas Pendidikan Yogyakarta, tak terkecuali siswa dari SD Ibu Pawiyatan Tamansiswa, SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan, SMA Taman Madya dan Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa pun turut serta menyambut kedatangan Anies Baswedan

Dalam sambutan Ki Sri Edi Suasono mengucapkan selamat datang kepada Mendikbud dan mengatakan ada banyak tokoh-tokoh penting dimakamkan di Taman Wijaya Brata. “Di tempat ini dimakamkan menteri Pengajaran dan Kebudayaan pertama Republik Indonesia, juga terdapat tokoh lain sepeti Ki Mangun Sarkoro dan Ketua Panitia pelaksanaan sumpah pemuda juga dimakamkan disini,” tambah Ki Sri Edi Suasono.

Pada tahun ini, peringatan Hardiknas difokuskan di Yogyakarta karena di kota inilah Ki Hadjar menerapkan konsep pendidikan dalam institusi Tamansisiwa. ”Kita ingin membangun kembali semangat pendidikan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara ketika beliau hidup, disetiap sekolah yang ada di Indonesia,” ujar Anies dalam sambutannya. (P)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *