Pembekalan KKN Tematik-Posdaya Mahasiswa UST Season I

Ki Pardimin Rektor UST sedang membuka acara Pembekalan KKN, Pada hari Rabu (01/04/15) di Gedung Balai Persatuan Tamansiswa. Foto: Eva Yuliani/Pendapa.
Ki Pardimin Rektor UST sedang membuka acara Pembekalan KKN, Pada hari Rabu (01/04/15) di Gedung Balai Persatuan Tamansiswa. Foto: Eva Yuliani/Pendapa.

Bertempat di Aula Balai Persatuan Tamansiswa, tepatnya lantai 2 dari Pendopo Agug Tamansiswa, Rabu (01/04/15) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) mengadakan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Acara dimuai sekitar pukul 08.00 WIB. Disambut dan dibuka oleh Rektor UST, Ki Pardimin. Ki Pardimin menuturkan pesan kepada mahasiswa agar bisa membawa diri di masyarakat demi menjaga citra UST.

Selanjutnya, Ir.Rossana Christiningsih,M.S selaku pemateri dari LP2M menyampaikan makna KKN. Menurutnya, makna KKN sesungguhnya adalah sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi: Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tema KKN tahun ini, disampaikan olehnya terdiri dari 2 macam: Tematik dan Posdaya. Tematik dimaksudkan Rossana agar mahasiswa cakap dalam mengatasi masalah, serta menjalin dalam program yang diajukan ke Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Sedangkan Posdaya diartikan agar mahasiswa mampu memberdayakan taraf hidup keluarga kurang mampu berpotensi.

Sekitar pukul 10.00 WIB, kedua kelompok berdasarkan tema KKN yang sudah ditentukan oleh LP2M, selanjutnya dipisah untuk mendapatkan materi yang sesuai tema masing-masing kelompok. Beberapa kali Rossana menekankan, mahasiswa KKN bukan Sinterklass yang suka membagi-bagikan hadiah, tapi bagaimana caranya mahasiswa mampu menjadi motivator, dinamisator, dan problem solver dalam memberdayakan masyarakat.

Setelah selesai mengenyam materi sesuai kelompok yang terpilih berdasarkan tema, mahasiswa peserta pembekalan KKN pada sekitar pukul 12.00 WIB berdiskusi dan sharing dengan masing-masing DPL. Setelah waktu Isoma selesai, tepat pukul 13.00 WIB, pembekalan KKN dilanjut dengan materi Team Work dan uji materi yang berjumlah 60 soal bentuk pilihan ganda.

Acara ditutup oleh beberapa anggota PIK Impact Dewantara yang sebelumnya mempresentasikan beberapa tawaran kepada calon mahasiswa KKN sebelum terjun ke lokasi KKN. “Kakak-kakak, kami menawarkan jika di lokasi kakak-kakak nanti butuh pemateri untuk penyuluhan, misalnya tentang fungsi keluarga, HIV Aids, dan beberapa masalah keremajaan, kami siap membantu. Tidak perlu bayar mahal-mahal seperti kakak-kakak membayar pemateri dari BKKBN, cukup nasi padang saja, kami pasti siap membantu,”ucap Lian ketua baru PIK Impact Dewantara. Sekitar pukul 15.00 WIB, acara pembekalan KKN season I resmi ditutup. Pembekalan KKN Season II akan diselenggarakan besok, Kamis (02/04/15) pada jam dan tempat yang sama. [P]