Membangun Rasa Nasionalisme Generasi Muda Melalui Pendidikan

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Tidak seperti biasanya, Dewantara Convention Room yang ada di lantai 3 kampus Kebangsaan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) pada hari Sabtu (15/11) nampak ramai. Ruangan tersebut penuh sesak oleh 220 orang mahasiswa yang antusias mengikuti seminar nasional yang diselenggarakan oleh Satuan Resimen Mahasiswa Dewantara (MENWA) UST. Menwa merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang menerapkan pendidikan bela negara. Menwa pun memiliki tanggung jawab untuk menguatkan rasa nasionalisme agar tidak luntur dari jiwa mahasiswa. Dari situlah Menwa berinisiatif untuk menyelenggarakan seminar nasional.

 

Seminar nasional dengan tema “Menerapkan Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pendidikan untuk Menciptakan Generasi Muda yang Berkarakter Kebangsaan” dimulai dari pukul 08.00 WIB. Seminar tersebut menghadirkan Rudy Hartono (Pimpinan Redaksi Berdikari Online) dan Eko Prasetyo (pnulis buku anak miskin dilarang sekolah) sebagai pembicara. Seminar tersebut tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa UST, tetapi juga diikuti oleh berbagai universitas seperti Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), dan Univesitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

 

Seminar tersebut bertujuan untuk mengangkat nilai pendidikan dan rasa nasionalisme dengan sasaran generasi muda. “Seminar ini diharapkan agar mahasiswa sebagai generasi muda bisa memiliki karakter-karakter yang bersifat kebangsaan, dengan memiliki rasa jiwa bela negara,” ujar Provost Adit, seksi Publikasi dan Dokumentasi Menwa. Selain Seminar Nasional, Menwa juga mengadakan festival musik angklung yang akan di laksanakan pada hari Jumat (5/12). [p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *