Aksi Pemuda di Hari Sumpah Pemuda

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Puluhan mahasiswa UST tampak sedang melakukan aksi di titik 0 km Yogyakarta; (28/10). Foto: Darojat/PENDAPA
Puluhan mahasiswa UST tampak sedang melakukan aksi di titik 0 km Yogyakarta; (28/10). Foto: Darojat/PENDAPA

Melalui Tamansiswa Kita Kobarkan Semangat Sumpah Pemuda Demi Kemajuan Bangsa” merupakan tema yang diangkat oleh para mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)  Yogyakarta untuk memperingati hari sumpah pemuda (28/10). Peringatan tersebut dilakukan dengan aksi sekaligus kegiatan baksos dari Jalan Abu Bakar hingga ke titik 0. Aksi tersebut diikuti sekitar 150 mahasiswa UST. Aksi ini juga diikuti beberapa komunitas seperti Aliansi Anak Bangsa dan Komunitas Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Rasa nasionalisme-lah yang membuat mahasiswa tamansiswa tergerak untuk turun ke jalan mengobarkan semangat sumpah pemuda untuk kemajuan bangsa. “Dibalik aksi damai ini kita tumbuh dengan sendirinya rasa semangat untuk bangsa ini,” kata Wahyu, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), salah satu mahasiswa yang mengikuti aksi tersebut.

Tuntutan demi tuntutan mereka lantangkan saat aksi berlangsung.  Dengan harapan semua kebijakan pemerintah yang telah ada tentang kegiatan kepemudaan dapat terlaksana. Bukan hanya generasi muda yang ambil alih, pemerintahpun juga ikut bertanggung jawab untuk kemajuan bangsa ini.

“Banyak permasalahan seperti hak pemuda yang dirampas, ditambah permasalahan politik bangsa ini, lunturnya rasa naisonalisme dan sempitnya lapangan pekerjaan untuk pemuda-pemudi Indonesia yang membawa kami turun ke jalan bersama-sama mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah,”  imbuh Arnoldus Yansens B, sebagai Koodinator Umum aksi sekaligus menjabat sebagai Ketua MMU UST.[P]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *