KPK Beri Pertimbangan ke Jokowi Perihal Calon Menteri

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Salah satu sorotan publik yang saat ini paling banyak dibahas adalah beberapa calon menteri yang akan dipilih oleh Presiden Republik Indonesia ke-7 Joko Widodo (Jokowi). Hal itu lantaran ada calon menteri yang mendapat catatan buram dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Catatan buram dari KPK tertebut, tidak lepas dari penyelidikan rekam jejek kasus korupsi yang mungkin dilakukan oleh calon menteri yang nantinya akan dipilih oleh Jokowi. Untuk itu, KPK memberikan laporan atau rekomendasi dari nama-nama calon menteri yang mendapat catatan buram.

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjajanto mengatakan keterlibatan KPK atas rekomendasi pada nama-nama calon menteri kepada presiden Jokowi sebagai dukungan terhadap pemerintah. “Kami meletakkan Jokowi, tak hanya sebagai presiden, tetapi juga kepala negara,” katanya saat ditemui usai acara Jagongan Media Rakyat di Jogja Nasional Museum (23/10/2014). Dukungan dari KPK pun sebenarnya adalah sebuah backup kepada pemerintah oleh KPK, dengan tujuan agar para calon menteri yang dipilih adalah calon menteri yang bersih agar tidak bermasalah ke depannya.

Namun, ketika ditanya nama-nama calon menteri yang masuk catatan buram dari KPK, Bambang menolak untuk menyebutkan.

“Biar Pak Jokowi lah yang jelasin, jangan saya,” tuturnya. Saat ditanya tentang harapan KPK dengan nama-nama calon menteri yang akan dipilih Jokowi, Bambang mengatakan KPK tetap berharap agar calon menteri yang dipilih Jokowi sesuai dengan yang diinginkan. “Mudah-mudahan the best one yang dipilih Pak Jokowi cocok, sesuai dengan yang ia inginkan,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *