Teater Suwekaprabha Sampaikan Pesan Kebhinekaan Lewat Pertunjukan

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Sambutan tepuk tangan penonton yang memadati gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) membuka kemeriahan hari kedua Festival Teater Jogja 2014, Selasa (23/9/14). Bunyi tepukan tangan itu pun mereda dibarengi dengan terbukanya layar pertunjukan tanda teater dimulai. Teater Suwekaprabha membuka acara ini dengan cerita Nyai Soemirah yang disutradarai oleh Retno D. Suyoko.

Kelompok Teater yang bersanggar di Nyutran Tamansiswa ini mengangkat tentang masalah perbedaan etnis dan agama yang mencuat dan kian meruncing. Teater ini berlatarbelakang waktu tahun 1890, ketika seorang perempuan Sunda, Soemirah, dan lelaki China, Tan Bi Ling, saling jatuh cinta. Namun perbedaan etnis dan agama dari keduanya, membuat hubungan mereka berlanjut dan harus kandas. Gagasan-gagasan ‘kalau’ yang ada di benak mereka dan belum tentu terjadi menjadi penghambat kelangsungan hubungan mereka. “Ceritanya tentang konflik multikultural antara orang-orang bumiputra (pribumi) dengan lain bangsa (China),” jelas Shoim Mardiyah salah satu pemain teater yang berperan menjadi dayang seorang China ini.

Teater ini pun bisa menjadi bayangan bagaimana konflik multikultural hingga hari ini. 125 tahun setelah era Soemirah dan Tan Bi Liang, konflik China dan non-China serta Islam-non Islam masih terjadi, bahkan nyaris menjadi konflik laten nan abadi. Sumpah Pemuda (1928), Proklamasi Kemerdekaan (1945), Semboyan Bhineka Tunggl Ika (1955), bahkan politik pluralisme presiden Abdurrahman Wahid (1999) berhenti pada tataran teks di buku-buku sejarah, tanpa pernah merasuki jiwa universal bangsa Indonesia.

“Harapanku sih dari pertunjukan ini masyarakat dapat mengingat kembali dengan nilai-nilai kebhinekaan, dan Pancasila. Soalnya pemahaman atau kesadaran multikultural yang kurang itu bisa memicu konflik,” jelas Shoim ketika ditanya tentang pesan tersirat dari teater yang ia mainkan.[p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *