Oase di Puncak Bukit

Pengunjung yang sedang menikmati senja di Embung Nglanggeran, Kamis (29/5). Foto: Taofik/PENDAPA
Pengunjung yang sedang menikmati senja di Embung Nglanggeran, Kamis (29/5). Foto: Taofiq/PENDAPA
Matahari mulai beranjak ke peraduan ketika kami menyusuri jalan menuju wisata Embung Nglanggeran, Kamis (29/5). Embung Nglanggeran merupakan kolam raksasa yang dibangun diatas bukit dengan ketinggian sekitar 500 mpl diatas permukaan laut, dengan kedalam air yang mencapai 3 meter. Ketika sampai di loket, setiap pengunjung dikenakan biaya 3.000 rupiah. Jalan menanjak harus kami lalui dan sesekali bongkahan batu kapur kami jumpai di sisi jalan. Karena Embung berada di atas bukit dan kendaraan bermotor tidak dapat langsung menuju ke Embung. Maka selanjutnya ratusan anak tangga bergantian menyambut kami. Sesampai di Embung, rasa letih akan segera pudar. Kami tidak sendiri, ratusan orang datang dari berbagai daerah datang memenuhi setiap sudut Embung.
Embung Nglanggeran bagai oase di ujung perbukitan bagi pengunjung yang dahaga akan suasana alam yang elok.Betapa tidak, Embung Nglanggeran bukan hanya sekadar tandon air untuk pengairan kebun buah Nglanggeran. Akan tetapi disana kita dapat melihat eloknya matahari terbenam, langit yang jingga dan awan putih di kejauhan yang mempesona. Di sudut lain kita dapat melihat gagahnya Gunung Api Purba Nglaggeran. Kini Embung Nglanggeran dihiasi lampu-lampu dengan bingkai bambu yang terpasang di tiap sudut membuat suasana senja di Embung semakin elok.
Banyak pengunjung yang datang, salah satunya Ely Fitriana mahasiswi asal Banjarnegara yang baru pertama kali datang bersama rekan-rekannya. Ely sengaja datang menjelang sore “saya baru pertama kali datang, suasananya bagus, ada lampu-lampunya, dan pastinya romantis”. Bukan hanya Ely, Dian Primadinata, warga Wonosari juga menuturkan keelokan Embung Nglanggeran. Dian sudah tiga kali datang ke Embung. “Saya sudah tiga kali datang kesini, suasananya bagus. Apalagi untuk menggambil foto dengan latar senja disini’’ pungkasnya.[P]