950 Mahasiswa Ikuti Pembekalan KKN

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Suasana pembekalan KKN UST di Balai Persatuan Tamansiswa yang diikuti 950 mahasiswa. Foto: Tikha/PENDAPA
Suasana pembekalan KKN UST di Balai Persatuan Tamansiswa yang diikuti 950 mahasiswa. Foto: Tikha/PENDAPA

Sabtu (12/04), Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya Semester Genap Tahun Akademik 2013-2014. Bertempat di Balai Persatuan Tamansiswa, Pembekalan KKN diadakan dengan dua sesi. Sesi pertama untuk peserta mahasiswa KKN di Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul dan Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta. Sementara sesi kedua untuk peserta mahasiswa KKN di Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul.

Peserta KKN pada semester ini berjumlah 950 mahasiswa yang ditempatkan pada 3 kecamatan di Gunungkidul dan Kota Yogyakarta. Wilayah kecamatan Semin dibagi menjadi 34 Padepokan, sedangkan di Mergangsan terdiri dari 8 Padepokan. Pembekalan KKN Tematik dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UST ini dibuka secara resmi oleh Drs. H. Pardimin, M.Pd. selaku Rektor UST Yogyakarta dengan mengucapkan bismillah.

Dalam sambutannya, Ki Pardimin memberikan motivasi dan pesan-pesan yang nantinya dapat menjadi bekal para mahasiswa KKN agar kegiatan KKN dapat berjalan lancar dan tertib. Ki Pardimin berharap mahasiswa KKN dapat menjaga diri dan menempatkan diri di masyarakat umum. Mahasiswa KKN diharapkan dapat membantu masyarakat sesuai bidang keahlian masing-masing dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. “Selamat kepada para peserta mahasiswa KKN, mudah-mudahan KKN semester genap akademik 2013/2014 ini dapat berjalan lancar dan tertib,” tutur Ki Pardimin mengakhiri sambutannya.

Sementara itu ketua Tim KKN LP2M UST, Ag. Eko Susetyo, S.T. dalam sambutannya memberikan informasi mengenai penyusunan program, pembuatan matriks, catatan harian dan proposal. Di akhir kata, Ki Eko berpesan kepada para peserta mahasiswa KKN agar selalu menjaga kekompakan antara teman-teman kelompok KKN. “Sebagai mahasiswa KKN, kita harus dapat mencintai masyarakat dan teman-teman kelompok KKN. Sehingga kekompakan dapat selalu terjaga,” tutur Ki Eko.

Pembekalan KKN pagi itu juga dihadiri oleh Camat dari kecamatan Mergangsan dan Semin. kedua Camat tersebut menyampaikan informasi mengenai kewilayahan serta kegiatan dan ciri khas yang ada pada wilayahnya masing-masing.

Acara pembekalan tersebut dilanjutkan dengan ujian pendalaman dan perkenalan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) tiap Padepokan. Selanjutnya acara diakhiri dengan ISHOMA dan koordinasi kelompok dengan masing-masing DPL. [p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *