Organisasi sebagai ladang praktikum bagi aktivis masa depan

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

iyes
Foto bersama panitia Training Motivasi DMC UST dengan Ust Nizam diakhir acara. Foto:Aeni/PENDAPA

Dewantara Muslim Community (DMC) menyelenggarakan Training Motivasi bertema “Kuliah Yes Organisasiasi Oke” dilaksanakan 17 November tahun ini bertempat di Masjid Agung Balaikota Yogyakarta yang sebelumnya informasi sudah dishare-kan via Short Massage service (SMS) kepada para peserta mengenai tempat akan dilaksanakan di ruang 202-203 Kampus Pusat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST). Pergantian tempat pelaksanaan disampaikan oleh Diyah mahasiswi Fisika UST, salah satu panitia penyelenggara sekaligus moderator, bahwa lokasi dipindahkan karena ada suatu hal diluar dugaan, entah diluar dugaan yang dimaksud seperti apa tidak dijelaskan lebih rinci.

Pemateri pada Training Motivasi tersebut adalah Ustad Nizam Zulfikar, jebolan Pilihan Da’i Muda ANTV, Putera kelahiran Yogyakarta yang sempat menguraikan masa lalunya dimasa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai siswa yang nakal dan Alay. Celana bolong dan rambut gondrong sempat Nizam sampaikan sebagai masa lalu yang cukup lucu untuk diingat. Sampai akhirnya Nizam tersesat dijalan yang benar, Ia terjun di Organisasi Rokhis sewaktu Sekolah Menengah Atas (SMA). Dengan guru pembimbing Rokhis yang sangat antusias peduli terhadap siswanya, termasuk Nizam, dia diarahkan untuk menuliskan mimpi- mimpinya 5-10 tahun kedepan. Tulisan demi tulisan Nizam sebutkan dengan percaya diri, meskipun sering ditertawakan oleh teman- teman Nizam yang ragu bahwa mimpi-mimpi yang dituliskan Nizam mampu terwujud.

“Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu mau mengubahnya”, Firman itu yang selalu mengukuhkan keyakinan Nizam, setiap manusia wajib yakin atas mimpinya selama tidak menentang agama Allah. Step by step mimpi- mimpi Nizam mampu terwujud. Pertama, keinginannya untuk lulus SMA dengan nilai memuaskan. Kedua, kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM) tanpa tes, dengan jurusan Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol) sebagai minat yang Ia pilih melalui tes seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) , Nizam sangat berharap saat dia lulus, dia dapat lulus dengan predikat Cumlaude. Ketiga, menempuh kuliah pasca Sarjana dengan Jurusan yang sama. Keempat, memiliki outlet bisnis dengan usaha keringat sendiri. Tulisan- tulisan kecil yang sejak dari awal Nizam yakini akan terwujud, kini telah terwujud berkat ikhtiarnya. Ia nyata lulus SMA dengan nilai memuaskan, Lulus cumlaude 3,54 jurusan Fisipol UGM, kini memiliki bisnis berupa jual/beli/tukar mata uang dilar dan dinar, serta memiliki bisnis jasa Transportasi dengan diberi nama Zulfikar Transportation. Kini Nizam masih menenpuh kuliah Pasca Sarjana jurusan Fisipol di UGM. Bahkan, Nizam dapet bonus, berupa istri cantik yang ia akui kesholekhaannya. Semua mimpinya terwujud juga bukan karena dia sekedar fokus kuliah saja, tapi berkat keaktifannya dalam berorganisasi. Organisasi telah membawa Nizam menjadi pribadi yang lebih berani bergaul, mengenal perbedaan, dan mampu membaca peluang di masyarakat. “Kuliah hanya memberikan kita teori ibarat laboratorium saja, sedang praktikumnya adalah praktik di lapangan, melalui organisasi. kalau punya mimpi wajib yakini, setelah itu cari tau strategi  untuk meraih mimpi itu”, ungkap Nizam.

Peserta yang terdiri kurang lebih 100 peserta, selesai training dengan berbagai tanya jawab, mereka juga sibuk memilih buku-buku yang dibuka di stand persis didepan aula tempat berlangsungya training. Khusus peserta muslimah, ada tambahan pengetahuan “kecantikan Halal bersama Rumah Sehat Cantik Muslimah (RSCM) dengan beberapa doorprize berupa voucher Facial gratis sampai tanggal 31 November 2013. Sesi Foto bersama juga tak lupa diburu, baik peserta yang ngebet foto bersama Ustad Nizam sekaligus istrinya, maupun panitianya yang juga ingin foto bersama. Diakhir acara Nizam berpesan, “kerjakan dan kembangkan apa yang menjadi Hobi-mu, dengan begitu perasaan lelah akan mudah dikendalikan”.

Satu tanggapan untuk “Organisasi sebagai ladang praktikum bagi aktivis masa depan

  • 28 November 2013 pada 08:06
    Permalink

    semoga tetap istiqomah.. barangsiapa menolong agama Allah maka akan diberikan pertolongan oleh Allah SWT. Amin

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *