PSR Akrabkan Mahasiswa Lewat Pameran

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Salah satu karya seni yang di tampilkan dalam pameran yang diselenggarakan mahasiswa pendidikan seni rupa UST | foto: Romdlon
Salah satu karya seni yang di tampilkan dalam pameran yang diselenggarakan mahasiswa pendidikan seni rupa UST | foto: Romdlon

Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa tidak hanya dituntut mahir teori, tetapi juga harus mempunyai skill yang kuat. Hal itulah yang menjadi salahsatu alasan diadakannya Pameran Seni Rupa yang diseenggarakan oleh mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (PSR UST). Pameran bertema ‘Mekrab’ yang bertempat di Hall PGSD Kampus FKIP UST ini diselenggarakan Senin-Sabtu (11-16/11).

Armansyah selaku Ketua Panitia menerangkan bahwa maksud dari ‘Mekrab’ yakni mengakrabkan mahasiswa PSR dari berbagai angkatan. “Sekarang kan jumlah mahasiswa semakin banyak bisa jadi mahasiswa tidak saling kenal. Untuk itu acara ini dibuat untuk lebih mengakrabkan sesama mahasiswa PSR UST. Selain itu juga untuk memupuk rasa persaudaraan diantara mahasiswa,” terang Armansyah, mahasiswa PSR semester V.

Selain untuk mengakrabkan, pameran ini juga untuk menunjukkan bahwa mahasiswa PSR yang notabene merupakan calon pendidik seni rupa juga harus terus berkarya. Mahasiswa PSR meskipun kemungkinan besar nantinya menjadi guru, tetapi juga tetap harus berkarya.

76 karya dari sekitar 45 peserta yang berasal dari mahasiswa PSR berpartisipasi dalam pameran ini. Karya seni lukis mendominasi dalam pameran ini. Selain lukisan, ada juga patung 3 dimensidan karya seni kriya.

Berbagai jenis karya yang dipamerkan, menurut Armansyah, ingin memberikan pemahaman bahwa karya seni rupa tidak hanya gambar manusia, pemandangan, dan gambar bangunan. “Selama ini yang akrab dengan mereka hanya gambar manusia, pemandangan, dan gambar bangunan. Padahal ada berbagai aliran seperti abstrak, realis, ekspresionis dan yang lainnya. Semua karya memiliki nilai tersendiri karena berkarya itu ingin menyampaikan pesan dan maksud, bukan nilai bentuknya saja yang dinikati,” kata Arman.

Diyah Sri Wijayanti salah satu mahasiswa PGSD semester 1 mengaku pameran tersebut bagus dan menunjukkan jiwa seni dari anak seni rupa. “Saya berharap agar pameran ini nantinya akan hadir lagi dan lebih baik lagi,” tambah Diyah. Selain pameran karya, kegiatan ini juga diisi dengan sarasehan seni rupa yang diikuti mahasiswa PSR pada Kamis (14/11) di Hall Lantai 2 Gedung PGSD.[p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *