Beragam Tetapi Tetap Satu Tujuan

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Suara gemuruh tepuk tangan mewarnai salah satu ruangan di gedung Fakultas Ekonomi, Jumat (27/9). Terdengar juga gelak tawa dari orang-orang di dalamnya. Mereka berseru melihat beberapa temannya berjoget di atas panggung. Itulah sedikit gambaran kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) Fakultas di Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST).

Acara yang bertemakan keep smile ini selain meberikan materi mengenai ekonomi kerakyatan seperti yang diajarkan Ki Hadjar Dewantara, juga ditujukan untuk memberikan hiburan kepada para peserta Ospek. “Di sini sama sekali tidak ada tekanan dari panitia yang mengkordinir mahasiswa baru, intinya have fun. Hanya saja tetap ada beberapa materi dari Dekan FE, Dr. Sahedy Noor, SK., MM., lembaga ekonomi KSPM, dan Bursa Efek. Selanjutnya ya have fun untuk menghibur,” ungkap Muh. Husein, ketua panitia Ospek FE.

Tak hanya FE, kemeriahan juga terjadi pada Ospek Fakultas Psikologi. Penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Trisula yang merupakan UKM Fakultas Psikologi membuat acara semakin meriah. Ospek di fakultas ini sama halnya dengan Ospek FE yang ingin memberikan edukasi dengan cara menghibur. Selain UKM Trisula, UKM Mapartis juga berkesempatan menghibur mahasiswa baru dengan mengajak out bound di halaman kampus pusat UST. “Tadi ada sambutan Dekanat, ketua MMF, dan ketua panitia. Ada juga tukar kado berisi makanan dan games,” terang Indah Ayu, ketua panitia Ospek Fakultas Psikologi.

Masih di Kampus Pusat UST, Fakultas Teknik (FT) juga mempunyai cara tersendiri untuk memeriahkan kegiatan Ospek fakultasnya, yakni dengan pembekalan kebudayaan. “Harapannya mereka bisa lebih baik dari kami dalam hal organisasi, lebih kompak, dan lebih saling menghargai. Kalau mereka lebih baik maka FT ini juga pasti akan lebih baik,” tegas M. Arif, ketua panitia Ospek FT.

Sementara itu Ospek Fakultas Pertanian (FP) yang diadakan di Kampus 2 UST lebih menekankan kepada materi tentang berbagai sejarah pertanian. Nur Ahmad, ketua MMF Pertanian menjelaskan bahwa mahasiswa FP harus mengerti sejarah pertanian dan hal yang menyangkut FP. “Materi tentang sejarah pertanian di sampaikan oleh Dekan FP dan senior MMF. Harapannya agar mahasiswa baru bisa lebih mengenal fakultasnya,” terang Nur Ahmad, ketua MMF Pertanian.

Berbeda dengan Ospek fakultas lain yang berlokasi di kampus, Ospek Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dilaksanakan di Gedung Balai Pamungkas Kotabaru. Karena jumlah mahasiswa FKIP yang lebih dari 1000 mahasiswa dan merupakan paling banyak dibandingkan dengan fakultas lain, maka panitia mengadakan Ospek fakultas di Gedung Balai Pamungkas tersebut. Tidak berbeda jauh dengan fakultas lainnya, Ospek FKIP diisi dengan pengenalan pejabat struktural FKIP, MMF, HMJ, dan juga panitia. Tidak lari dari kodrat mahasiswa FKIP yang kelak akan menjadi seorang pendidik, kegiatan Ospek FKIP juga diisi dengan berbagai materi kependidikan.

Ospek fakultas memang diadakan pada tempat dan kegiatan yang berbeda, namun tetap memiliki tujuan yang sama yakni memperkenalkan Kampus Kebangsaan UST kepada mahasiswa baru. Harapannya mereka mampu menjadi sosok yang lebih baik dan bisa menjadi mahasiswa yang aktif di bidang akademik maupun non akademik.[p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *