Ospek: Pengenalan Kampus dan Bakti Sosial

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Rangkaian kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) sudah berjalan mulai Selasa (24/9). Di hari kedua, Rabu (25/9), kegiatan Ospek diwarnai dengan perkenalan Lembaga Kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari tingkat universitas hingga jurusan yang ada di UST. Selain itu masih banyak rangkaian acara lain dalam kegitan Ospek yang diadakan di Gedung Balai Pamungkas, seperti materi-materi yang berkaitan tentang UST, Tamansiswa, hal-hal umum mengenai Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tujuan agar mahasiswa baru lebih mengenal lingkungannya sekarang.

Acara perkenalan Lembaga Kemahasiswaan dimulai dengan perkenalan para aktivis Majelis Mahasiswa Universitas (MMU) yang merupakan Lembaga kemahasiswaan tingkat universitas. Kemudian perkenalan para pengurus Majelis Mahasiswa Fakultas (MMF) yang meliputi MMF KIP, MMF Psikologi, MMF Pertanian, MMF Teknik dan MMF Ekonomi.

Kegiatan Ospek akan berlangsung selama lima hari sampai dengan hari sabtu, namun pada hari jumat ospek akan dilaksanakan di fakultas masing-masing. Sedangkan puncak kegiatan Ospek atau inagurasi akan diadakan pada hari sabtu di kampus pusat mulai dari jam 12 siang sampai jam 11 malam. Burhanudin Payaraga selaku Ketua Panitia Kegiatan Ospek Pandawa berharap kegiatan Ospek tersebut berjalan lancar dan mahasiswa baru dapat meneruskan cita-cita ki Hadjar Dewantara dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. “Itu semua dibangun di Kegiatan Ospek ini dengan rangkaian acara-acaranya, kita membangun mental mereka, memberi banyak materi-materi yang berkaitan dengan UST dan Tamansiswa, agar bisa meneruskan cita-cita Ki Hadjar,” tambahnya.

Selain itu, panitia Ospek juga mengadakan kegiatan bakti sosial dan kerja bakti. Panitia mengarahkan peserta Ospek untuk membawa sembako, seperti beras dan mie instan. “Kita akan salurkan ke yang membutuhkan, mereka kita ajak untuk bakti sosial agar mereka mengerti di luar ada yang kekurangan dan membutuhkan seperti panti asuhan atau lembaga sosial lainnya”, ungkap Burhanudin. Kegiatan bakti sosial sendiri akan melibatkan mahasiswa baru, panitia dan lembaga-lembaga di UST. Sedangkan untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan kampus pusat UST akan dilaksanakan pada hari minggu (29/9). “kita arahkan mahasiswa baru untuk kerjabakti dan dihari itu juga ada pengambilan sertifikat Ospek untuk mereka”, tambah Burhanudin.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *