2516 Maba Mengikuti Kuliah Umum

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Mahasiswa baru mengikuti kuliah umum dan ospek di gedung Jogja Expo Center | foto: Afri
Mahasiswa baru mengikuti kuliah umum dan ospek di gedung Jogja Expo Center | foto: Afri

Senin (23/9), 1.630 mahasiswa baru (maba) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) mengikuti kuliah umum mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014 di Bima Hall Jogja Expo Center (JEC). 1.630 maba ini merupakan mahasiswa baru S1 jalur reguler dari total keseluruhan 2.516 mahasiswa baru  dari program regular, nonreguler maupun pascasarjana.

Acara kuliah umum tersebut dibuka pukul 08.45 wib dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Tamansiswa dan Mars UST. Kuliah umum disampaikan oleh Dr. Ir. Abdul Basith, Ph.D. serta Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA yang merupakan Koordinator Kopertis V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam ceramahnya, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA mengungkapkan bahwa jumlah mahasiswa baru di DIY tahun 2013 ini berjumlah sekitar 40.000 mahasiswa yang tersebar di 110 Pergurun Tinggi di DIY. “Kalian tidak salah masuk kuliah di DIY karena 86% program studi (prodi) sudah terakreditasi, sedangkan 14% belum terakreditasi karena merupakan prodi baru dan juga pendidikan profesi,” ungkap Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA dihadapan mahasiswa baru UST.

Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA juga menyampaikan bahwa mahasiswa yang sudah selesai untuk kembali ke daerah masing-masing guna mengembangkan diri dan membangun daerah asal. Dalam kuliah umum tersebut juga dilakukan kerja sama antara UST dengan Bank BNI 46 untuk program Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sekaligus menjadi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI 46. Selain itu juga kerjasama dengan PT Mavindo untuk mahasiswa baru tahun 2013.

Acara kuliah umum diakhiri dengan penyerahan mahasiswa baru dari kampus kepada panitia Ospek. Setelah kuliah umum, kegiatan dilanjutkan dengan Orentasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) Pejuang Muda Tamansiswa (Pandawa) 2013 pada Selasa-Sabtu (24-28/9) yang berlangsung  di kampus pusat UST dan Gedung Pamungkas Kotabaru Yogyakarta.[p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *