Kerjasama dengan Kwarcab Yogya, PGSD UST Selenggarakan KMD

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Rektor UST, Ki Pardimin, saat menyematkan tanda peserta KMD PGSD UST. Foto: dok. istimewa
Rektor UST, Ki Pardimin, saat menyematkan tanda peserta KMD PGSD UST. Foto: dok. istimewa

PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa kembali bekerjasama dengan Kwarcab (Kwartir Cabang) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD). Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 19-25 Agustus 2013 ini diikuti 250 peserta dengan Drs. Ki Sutikno, LMT sebagai Pemimpin Kursus (Pinsus). Pelatihan berjalan lebih tertib dan kompak, baik antar peserta, pelatih maupun peserta dengan pelatih. Hal tersebut disampaikan oleh R. Aj Prastyati selaku sekretaris panitia pelatih dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa PGSD di seluruh Indonesia. Kegiatan ini adalah ketiga kalinya PGSD UST bekerjasama dengan Kwarcab Kota Yogyakarta. KMD yang diketuai Oleh Ki H.Prayogo Ontowiryo, SE mengenalkan kepada peserta mengenai kegiatan- kegiatan yang dilakukan untuk menjadi seorang pembina. “Pada saat dilatih, peserta harus mampu menyelami jiwa seorang pembina baik untuk pembina siaga, penggalang, penegak maupun pandega. Sehingga pada saat mereka terjun langsung menjadi pembina, mereka mampu memahami siapa yang sedang mereka bina dengan sistem among,” ujar R. Aj Prastyati.

Dalam kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.30-17.30 WIB, peserta KMD dibekali dengan UU pramuka, AD/ART pramuka, prinsip dasar kepramukaan, lambang-lambang pramuka dan metode kepramukaan. Sebagai lembaga pendidikan kader, Kwarcab Kota Yogyakarta yakin mampu membentuk peserta KMD agar siap menjadi pembina dengan 23 tim pelatih yang memang sudah terlatih.

Dalam materi dan kegiatan-kegiatan pramuka, pelatih berharap nilai-nilai yang terkandung dalam pramuka seperti penanaman nasionalisme, karakter dan budi pekerti mampu terimplementasikan dengan baik dan tercermin dalam perilaku. Baik bagi para peserta dan murid-murid dari peserta pada saat nantinya.[p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *