Lewat PPL II, FKIP Terjunkan Mahasiswanya ke Sekolah

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Setelah Praktik Pengalaman Lapangan(PPL) I atau biasa disebut micro teaching yang dilaksanakan di kampus usai digelar, kini mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) bersiap untuk menyongsong PPL II yang akan dilaksanakan di sekolah. Guna mempersiapkan diri sebelum terjun ke lapangan, mahasiswa mengikuti pembekalan PPL II tahun akademik 2013/2014 yang digelar di Balai Persatuan Tamansiswa, Yogyakarta pada Kamis dan Jumat (18-19/7).

Pembekalan PPL II ini dibagi dalam 3 sesi, yakni Kamis pukul 08.00-12.00 WIB untuk mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD), dilanjutkan dengan pukul 13.00-17.00 WIB untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris. Kemudian mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Fisika, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Seni Rupa  mengikuti pembekalan pada Jumat pukul 08.00-11.30 WIB.

PPL II yang dilaksanakan mulai Juli hingga akhir September merupakan mata kuliah wajib untuk mahasiswa FKIP di semua Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK), termasuk UST. Acara dibuka secara resmi oleh  Rektor UST Drs. Pardimin, M.Pd. dan dihadiri pula oleh Drs. Rusdian Noor D., M.Hum (Dekan FKIP UST), Drs. Triyono, M.Sn (Wakil Dekan I), Dra. Ag. Sri Purnami, M.Pd. (Wadek 2), dan Sutriyanto, B. Sc. (Koordinator PPL).

Dalam sambutannya Rektor mengingatkan kepada para peserta PPL II untuk melaksanakan PPL dengan serius, disiplin, berusaha keras dan bekerjasama dengan pihak sekolah. Turut hadir pula dalam acara pembekalan PPL II Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul, Slamet Pamuji, M. Pd. yang memberikan penjelasan tentang ke-SD-an dan Suhartati, SH, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang memberikan materi ikhwal pendidikan menengah di Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Penerjunan PPL II yang dilaksanakan pasca pembekalan diwarnai pemindahan tempat PPL II. Pemindahan tempat PPL II tersebut terjadi pada salah satu kelompok PPL II yang sedianya ditempatkan di SMA 1 Yogyakarta menjadi di SMA 2 Bantul. Maryati, salah satu anggota kelompok yang dipindah tersebut mengungkapkan bahwa pemindahan tersebut diberitahukan oleh dosen pembimbing setelah pembekalan PPL II dilaksanakan. “Katanya di SMA 1 Yogyakarta tidak menerima mahasiswa PPL II, jadi kami dipindah ke SMA 2 Bantul. Kami juga belum sempat melakukan survei ke SMA 1 Yogyakarta tersebut,” terang mahasiswa Pendidikan Matematika tersebut kepada PENDAPA lewat pesan singkat.[p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *