Goresan Karya : Pendidikan Dibalik Punggung Ki Hadjar Dewantara

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Sabtu (9/5), salah satu bangunan berwajah mural di pinggiran  Jln. Magelang  nampak ramai. Ketika memasuki bangunan itu terasa  pendidikan dan kebudayaan yang diajarkan Ki Hadjar Dewantara tertanam pada hati setiap generasi, seperti salah satu kelompok yang menyebut diri mereka dengan nama ‘Pijar’, kelompok yang terdiri dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa, alumni Pendidikan Seni Rupa dan para Dosen Pendidikan Seni Rupa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST). Arti dari nama kelompok ‘Pijar’ merupakan doa dan harapan mahasiswa Pendidikan Seni Rupa agar dapat membuat nama UST dan khususnya Ki Hadjar Dewantara kembali berpijar dalam hal pendidikan dan kebudayaan. Dengan adanya pameran Seni Rupa hasil karya kelompok Pijar inilah salah satu caranya. Pameran ini digelar di Galeri Lentoer Rumah Pelanjtong Jln.Magelang Km. 8,5 Yogyakarta.

Pameran yang resmi dibuka oleh Drs. Widodo Budhi, M.Si selaku Wakil Rektor IV ini akan berlangsung selama sembilan hari yaitu dari Sabtu malam (9/5) sampai dengan Jumat (17/5). “Kami sengaja mengambil lokasi di Rumah Pelanjtong ini agar mahasiswa UST maupun masyarakat lebih antusias untuk datang, karena biasanya hanya diadakan di kampus tepatnya di Pndopo Agung, kali ini kami menyajikannya berbeda dari biasanya,” ungkap Dodi Darussalam selaku ketua panitia Pameran Seni Rupa.

Dodi mengungkapkan bahwa pameran ini merupakan rangkaian acara Dies Natalis Ke-58 UST. “Untuk tema yang kami ambil yaitu Pendidikan Dibalik Punggung Ki Hadjar Dewantara, maksudnya pendidikan yang di ajarkan Ki Hadjar kan tidak hanya mengenai pelajaran atau mata kuliah seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan sebagainya tetapi juga mengenai Budaya, inilah budaya dari kami yang kami perkenalkan,” Terang Dodi sambil memperlihatkan hasil karyanya berupa lukisan yang juga di muat di pameran Seni Rupa ini. Dodi menambahkan bahwa pameran ini tidak hanya untuk di pamerkan saja tetapi juga mempersilahkan pengunjung yang tertarik memiliki dapat membelinya.[p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *