Jumlah Peserta PPL I FKIP UST Pecahkan Rekor

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Mahasiswa FKIP UST mengikuti pembekalan PPL I gelombang II yangdiselenggarakan di Balai persatuan Tamansiswa, Minggu (24/3)
Mahasiswa FKIP UST sedang mendengarkan materi  pembekalan PPL I gelombang II yang diselenggarakan di Balai persatuan Tamansiswa, Minggu (24/3). Foto: Romdlon/PENDAPA

Peserta Praktik Pengalaman Lapangan I (PPL I) atau yang biasa disebut pengajaran mikro (micro teaching) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) tahun ini memecahkan rekor jumlah peserta terbanyak sepanjang berdirinya FKIP UST. Hal itu disampaikan Dekan FKIP UST, Drs. Rusdian Noor D., M. Hum. pada acara Pembekalan Peserta PPL I UST gelombang II yang dilaksanakan di Balai Persatuan Tamansiswa, Minggu (24/3).

“Peserta PPL I sebanyak 1120 mahasiswa tersebut merupakan jumlah terbanyak yang pernah ada di FKIP UST,” tegas Ki Rusdian. Lebih lanjut Ki Rusdian mengungkapkan bahwa FKIP berusaha meningkatkan kualitas PPL I. Salah satu bentuk peningkatan kualitas adalah dengan diadakannya pembekalan PPL I serta diterbitkannya buku pedoman pengajaran mikro yang belum pernah ada sebelumnya.

Sementara itu, Drs. Pardimin, M.Pd. selaku Rektor UST dalam sambutannya mengungkapkan bahwa seorang guru yang baik harus menguasai empat kompetensi. “Empat kompetensi yang harus dikuasai yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional serta kompetensi sosial,” papar Ki Pardimin. PPL I merupakan mata kuliah praktik berstatus wajib lulus berbobot 2 sks yang ditawarkan pada semester VI di semua Program Studi (Prodi) FKIP.

Acara pembekalan PPL I yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB tersebut diisi dengan materi Pengenalan Pengajaran Mikro oleh Ki Rusdian, Kompetensi dan Keterampilan Pengajaran Mikro oleh Dr. Sunanto, M.Si. dan materi Inovasi Pembelajaran yang disampaikan oleh Dra. Ag. Sri Purnami, M.Pd. Sebelumnya, pada Sabtu (16/3) telah dilaksanakan juga pembekalan PPL I gelombang I yang diikuti 678 mahasiswa FKIP dari berbagai Prodi. [p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *