Bedah Buku Perdana PBI

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Rabu (27/2), bertempat di ruang 109, gedung Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (JPBS), Unit Pusat Terpadu (UPT) Perpustakaan Pusat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) menyelenggarakan bedah buku bekerjasama dengan Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Acara bedah buku ini merupakan tindak lanjut atas diberikannya hibah sebesar 180 juta rupiah dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Program bedah buku ini akan dilaksanakan dua kali dalam setahun bagi tiap prodi. Kesempatan pertama bedah buku diambil oleh prodi PBI.

Acara bedah buku yang dimulai pukul 08.00 WIB ini menghadirkan Dra. Sri Mulyani Darmastuti, M.S. sebagai pembicara dan kaprodi PBI, TMA. Kristanto, S.Pd., M.Hum. sebagai moderator. Selain itu, hadir pula tiga dosen PBI dan beberapa mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti bedah buku tersebut. Adanya kuota pembatasan audience yaitu sekitar 30 mahasiswa dan 4 dosen tersebut ditentukan oleh pihak perpustakaan. “Kemungkinan ini karena dana yang terbatas juga, sehingga kuota pesertanya juga terbatas,” ungkap Ki Kristanto.

Buku yang dipresentasikan dalam acara bedah buku tersebut ada dua, yaitu: Elementary Vocabulary, dan The Words You Should Know to Sound Smart. Menurut Nurdayaningtyas, mahasiswa PBI semester delapan, acara bedah buku tersebut menarik karena kupasannya bagus dan terstruktur, “saya harus mempunyai buku tersebut karena menurut saya buku itu adalah inti dari buku-buku yang lain,” tambahnya.

Luky Tiasari, M.Pd. selaku pembawa acara bedah buku tersebut mengungkapkan bahwa dari acara tersebut ada beberapa hal yang dapat diambil. Diantaranya adalah dengan menguasai bahasa akan diikuti penguasaan budaya dari negara asal bahasa tersebut. “Karena secara akademis acara ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan iklim akademis, maka untuk kedepannya perlu ditindak lanjuti,” harap Ki Kristanto. Selain itu Ki Kristanto merencanakan untuk menghadirkan pakar penulis yang ahli sehingga lebih menarik banyak audience.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *