UST Peringkat 202 di Webometric

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Sebagai sebuah lembaga yang memberikan peringkat terhadap ribuan perguruan tinggi di dunia,  Webometric baru saja merilis daftar peringkat terbarunya pada hari Kamis (7/2). Website yang berpusat di Madrid, Spanyol ini melibatkan empat situs mesin pencari dalam penilaiannya, yaitu Google, Yahoo search, Exalead, dan Live search. Kriteria penilaian untuk menentukan peringkat tersebut berdasarkan seberapa besar pencarian yang dapat ditemukan oleh situs mesin pencari tersebut dalam jurnal, halaman, atau penelitian yang ada pada perguruan tinggi bersangkutan.

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) mendapat peringkat ke-202 dari 360 perguruan tinggi di seluruh Indonesia (lihat: www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20). Hal tersebut sebenarnya tidak mengagetkan beberapa pihak, mengingat sistem informasi di UST sedang dalam tahap pembangunan dan penyempurnaan.

Tahap penyempurnaan masih perlu dilakukan di situs web resmi UST. Hingga tulisan ini saya kirim ke Redaksi pada hari Jumat (22/2), tampak ucapan selamat natal dan tahun baru masih mendominasi  halaman depan situs web resmi UST. Dengan melihat hal tersebut, tampaknya pihak UST kurang memperhatikan pengelolaan webnya.

Mengingat sistem penilaian yang digunakan oleh Webometric, maka sudah seharusnya civitas akademika UST  lebih mengedepankan pengelolaan situs web resmi UST. Publikasi penelitian atau penulisan jurnal di situs web resmi kampus yang sekiranya sedang menjadi trend perlu ditingkatkan. Publikasi melalui situs web resmi UST menjadi kunci utama agar jurnal dan karya ilmiah lain yang dihasilkan oleh warga UST dapat diakses dan dinikmati oleh masyarakat pada umumnya. Hal tersebut bisa menjadi nilai plus bagi UST.

Selama ini belum ada orang atau lembaga UST yang bertanggung jawab penuh atas pengelolaan web. Berdasar pengalaman, untuk meng-upload sebuah berita saja perlu banyak pintu yang dilalui. Sehingga dalam hal pengelolaan situs web resmi UST, sebaiknya dibuat satu pengurus khusus yang bertugas mengelola data situs web resmi UST secara kontinyu.

Terlepas dari pengelolaan web, pihak UST sedang gencar melakukan perombakan besar-besaran dalam sistem informasinya. Mulai dari sistem akademik yang kini sudah dapat dilakukan secara online. Hingga pembayaran biaya kuliah pun kini mulai dapat dilakukan dengan sistem Student Payment Center (SPC) secara online. Hal ini tentu saja diharapkan bisa mengangkat peringkat UST.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *