Taman Dewasa Kumendaman Adakan Lomba Bahasa Inggris

Lukisan
Salah satu karya siswa yang mengikuti lomba mewarnai di Taman Dewasa Kumendaman, Yogyakarta, Sabtu (3/11) | Foto: Taofiq TY

Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda, Taman Dewasa Kumendaman, Yogyakarta mengadakan kegiatan lomba untuk siswa Sekolah Dasar (SD) se-Kota Yogyakarta dan sekitarnya, Sabtu (3/11). Acara tersebut mengangkat tema “Voice Your Hero”. Kegiatan ini dikhususkan untuk siswa kelas 4, 5, dan 6 yang dibagi menjadi tiga kategori. Kategori tersebut yaitu, kategori A diikuti siswa kelas 4, kategori B diikuti siswa kelas 5, dan kategori C diikuti siswa kelas 6. Jenis perlombaannya yakni membaca nyaring cerita dalam bahasa Inggris dan mewarnai gambar.

Kegiatan ini dibuka oleh Nyi Suharto, Kepala Sekolah Taman Dewasa Kumendaman. “Kegiatan ini diadakan untuk mengembangkan bakat siswa dalam bahasa Inggris,” katanya. Dengan diikuti lebih kurang 150 siswa dari 17 sekolah, acara tersebut berjalan lancar. Berbagai doorprize juga dibagi-bagikan pada siswa dan juga guru pembimbing.

Dalam perlombaan yang diadakan kali ini memiliki beberapa kriteria penilaian, yaitu; untuk membaca nyaring cerita dalam bahasa Inggris di antaranya adalah pengucapan, ekspresi, ketapatan makna, dan kreativitas siswa dalam menyampaikan; dan untuk kriteria mewarnai gambar di antaranya adalah kerapian, kesesuaian dan ekspresi, volume dalam mewarnai, dan juga tekstur warna.

Di penghujung acara, pemenang pun diumumkan. Adapun pemenang dalam perlombaan Membaca Nyaring Cerita dalam Bahasa Inggris yaitu; kelas 4 diperoleh Audhita Salma S. (SD Kraton), kelas 5 diperoleh Erisa Putri C. (SD Tahunan), dan kelas 6 diperoleh Anglila Sidda P. (SD Panembahan) dengan dewan juri Hapsari Satya.L, Ferry Andi W, dan Hesti M.

Untuk lomba mewarnai gambar;  kelas 4 diperoleh Mutia Maurti S (SD Minggiran), kelas 5 diperoleh G. Epifani Berly (SD Sang Timur), dan untuk kelas 6 diperoleh Yosua Herriyanto (SD Kanisius Kumendaman). Sedangkan, juara umum mewarnai gambar diperoleh juara I yaitu Elmanda Tasya M (SD Tamansari), juara II Aldeva Ananda P (SD Tahunan), dan juara III diperoleh Oktavia P  (SD Tahunan), dengan dewan juri Sugiyamin, Mimin S, dan Esti Yulianingsih.

“Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menggerakkan kembali bahasa Inggris dikalangan siswa sekolah dasar,” ujar Sumartini selaku ketua panitia. [p]