Dari Seminar Nasional Sampai Lomba Tari Tradisonal

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Hari ini, Sabtu (29/9) Tepat pada pukul delapan nanti di Dewantara Convention Room Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Resimen Mahasiswa (MENWA) Dewantara UST mengadakan seminar nasional. Seminar nasional kali ini mengusung tema ‘Revitalisasi Nilai-Nilai Kebangsaan Dalam System Pendidikan Di Era Kapitalisme Global’ dengan pembicara Prof. Dr Sri Edi Swasono selaku ketua Majelis Luhur Tamansiswa didampingi pula oleh seorang aktivis mahasiswa Arif Fachrudin Ahmad dan dimoderatori oleh Arif Bintoro Johan seorang pemerhati pendidikan.

Ardy Syihabuddin selaku ketua acara menjelaskan jika acara seminar itu merupakan salah satu rangkaian acara dari MENWA Dewantara Even. Tepatnya hari Minggu tanggal 30 September 2012, acara kedua yaitu Festival Seni Tari Tradisonal Seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta akan diadakan. “Dengan semangat  ‘Mengetahui, Memiliki, Mencintai Tradisi Tari Sebagai Budaya Negeri’ dalam Festival Seni Tari Tradional ini menjadi modal untuk tumbunya cinta tanah air dan rasa memiliki”, ujarnya.

MENWA Dewantara Even ini, lanjut Ardy, merupakan bentuk dari salah satu fungsi adanya MENWA sekarang, setelah turunnya Surat Keputusan oleh tiga Menteri. “Kalau dahulukan fungsi MENWA sebagai komponen cadangan TNI, setelah SK tiga menteri ini berubah menjadi kompenen pendukung. MENWA saat ini dituntut untuk menjadi pelopor tumbuhnya Bela Negara, Nasionalisme, cinta tanah air dikalangan pemuda di Indonesia khususnya di UST”, ungkapnya kepada Pendapa yang dihubungi melalui telepon seluler.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *