Workshop Hanya Sekadar Materi

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Workshop PKM
Dr. Sahedy Noor, SK, MM (berkacamata), menyampaikan materi pada acara Worshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Gedung Pascasarjana UST, Kamis, (13/9) | Foto: Taofiq TY

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) menyelenggarakan Workshop  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), pada Kamis, (13/09) di Gedung Pascasarjana UST. PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakatat (Ditlitabmas) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi kesenian serta memperkaya budaya nasional. Workshop tersebut dihadiri 165 peserta.

Dalam sambutannya, Rektor UST, Drs. Pardimin M. Pd menyampaikan bahwa tujuan diadakannya workshop PKM supaya mahasiswa UST dapat mengerti dan dapat menyusun proposal, penelitian, pengabdian masyarakat maupun kewirausahaan.

Pada kesempatan tersebut, hadir beberapa pemateri yang masing-masing menjelaskan berbagai jenis PKM, diantaranya PKM-Penelitian (PKMP) oleh Dewi Kusuma Wardhani, SE, S.Psi, M.Sc, PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) oleh M. Shodiq A.K, ST, M.Eng, PKM-Kewirausahaan (PKM-K) oleh Dr. Sahedy Noor, SK, MM, PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) oleh Drs. Hadi Pangestu R., ST, MT, PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-AI) disampaikan oleh Sri Adi Widodo, S.Pd, M.Pd., PKM-Karsa Cipta (PKM-KC) oleh M.Shodiq A.K.,ST, M.Eng serta PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT) oleh Ir. Yacobus Sunaryo, M.Sc.

Dalam kesempatan ini Sahedhy Noor mengajak para peserta workshop untuk membangun jiwa wirausaha, “Untuk mencapai sukses jangan takut rugi,” tegas Sahedhy. Sementara itu, Ir Yacobus menjelaskan perihal tata cara penulisan karya ilmiah, dan M. Shodiq memaparkan tentang program kreativitas mahasiswa teknologi.

Disinggung tentang seberapa pentingkah PKM, Sigit Purnomo salah satu mahasiswa yang ikut workshop menuturkan bahwa kegiatan Workshop ini sangat positif karena dengan adanya workshop ini dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa apa itu PKM, lantas bagaimana PKM yang baik dan benar.

Namun, Ambar Widuri, mahasiswi Pendidikan Matematika yang juga peserta Workshop, menuturkan bahwa workshop kali cukup menarik akan tetapi kurang bagus. “Workshop ini hanya sekadar materi saja, tidak ada latihan seperti tahun kemarin,” tutur Widuri. [p]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *