Bimbingan Belajar Gratis Oleh Mahasiswa UST

Proses bimbingan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada Rabu (3/8), bertempat di laboratorium fisika. Foto: Eko budiono/PENDAPA

Sebanyak 20 siswa SMP dan SMA di Yogyakarta mengikuti bimbingan belajar fisika yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Bimbingan belajar ini dilaksanakan mulai dari tanggal 3-16 Agustus 2011 setiap pukul 15.00 sampai 16.30 WIB bertempat di laboratorium fisika dan gedung PGSD UST. Pengajarnya berasal dari mahasiswa Pendidikan Fisika semeter II, IV, dan VI.

“Ada 59 siswa dari 6 sekolah tetapi hari ini yang datang 20 siswa. Mereka berasal dari SMA PIRI 1 Yogyakarta, MA Taman Madya Yogyakarta, SMA PIRI 2 Yogyakarta, SMTI 6 Yogyakarta, SMPN 10 Yogyakarta, dan SMPN I Yogyakarta,” kata Kaprodi Pendidikan Fisika Yuli Prihatni S.Pd, M.Pd.

Menurutnya tujuan diadakan bimbingan belajar untuk melatih mahasiswa mengajar secara individual serta mengenalkan UST ke masyarakat luas. Selain itu, setiap siswa mempunyai karakter yang berbeda-beda jadi sebagai calon guru juga harus bisa mengajar privat.

Yuli menambahkan bimbingan belajar ini merupakan kerjasama antara pihak kampus dengan sekolah-sekolah. Sedangkan pendanaannya menggunakan dana promosi jangka panjang dari universitas.[p]