Manfaat Menjalankan Puasa Sunnah

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Keajaiban Puasa Senin Kamis
Foto: Umi/PENDAPA

Allah SWT berfirman, “semua amal perbuatan manusia adalah untuk dirinya sendiri kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu adalah untukKu dan Akulah yang membalasnya.”

Demikian seuntai firman Allah yang tertulis dalam buku yang berjudul “Keajaiban puasa Senin & Kamis”. Buku ini menyajikan betapa ajaibannya puasa Senin dan Kamis bagi yang menjalankannya. Puasa Senin dan Kamis bukan merupakan ibadah rutinitas yang bisa dijalankan dengan mudah. Berlainan dengan puasa wajib di bulan Ramadhan, puasa sunnah Senin dan Kamis mempunyai banyak rintangan. Kebanyakan umat Islam masih jarang untuk membiasakan puasa sunnah ini.

Terkait hal tersebut, terdapat beberapa keajaiban puasa Senin dan Kamis. Keajaiban ini akan dikemukakan melalui beberapa kesaksian yang berkaitan dengan pengamalan puasa Senin dan Kamis. Kesaksian tersebut bersifat subjektif, oleh karenanya belum tentu berlaku bagi semua orang secara umum. Sebagai contoh, si Fulan rajin menjalankan puasa Senin dan Kamis. Setelah beberapa waktu lamanya, ia mendapatkan pengalaman spiritual yang jauh berbeda dengan si Hanif yang juga tidak kalah rajinnya menjalankan puasa yang sama. Hal ini dipengaruhi niat awal semenjak menjalankan puasa sunnah.

Buku yang ditulis Suyadi ini membantu pembaca untuk mengambil amalan-amalan dalam melaksankan puasa, diiringi menghayati nilai-nilai yang terkandung. Pembaca juga dapat meneladani sifat-sifat Rasul SAW.

Penulis mengajak umat Islam agar dapat menjalankan puasa sunnah terutama puasa Senin dan Kamis. Pelaksanaan puasa selain untuk mendapat rida Allah, juga dapat melatih kesabaran kita. Intinya berpuasa sunnah dapat membuat kita tenang. Dalam Hadits Qudsi Allah SWT berfirman, “Semua amal perbuatan manusia adalah untuk dirinya sendiri kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Akulah yang membalasnya. Puasa adalah benteng, maka apabila pada suatu hari salah seorang diantara kalian berpuasa, maka janganlah berkata kotor dan janganlah berbuat gaduh. Apabila ada orang yang mencela atau memeranginya, hendaklah ia berkata sesungguhnya saya berpuasa”. Selanjutnya Rasulullah bersabda, “Demi Allah yang diri Muhammad berada dalam kekuasaan-Nya, bahwasannya aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah lagi beraroma kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, yakni kegembiraan saat berbuka puasa dan kegembiraan saat bertemu Tuhannya karena puasa itu (diterima di sisi-Nya)”. (HR. Syaikhani, An-Nasa’I, dan Ibn Hibban dari Abu Hurairah ra).

Buku setebal 196 halaman ini hanya seukuran buku tulis. Jika dilihat dari isi, ulasan buku ini terbilang kurang lengkap tapi sangat jelas dan mudah dipahami bagi pembaca. Penulis hanya menuliskan manfaat-manfaat atau hikmah-hikmah puasa sunnah dan menuliskan pemecahan masalah melalui contoh nyata. Meskipun begitu, buku ini tetap bermanfaat bagi para pembacanya. Selain itu, buku ini juga menuntut pembaca untuk mencoba menjalankan puasa serta meluruskan niat dan tujuan sebagai umat yang tawakal.

 

Judul buku    : Keajaiban Puasa Senin & Kamis
Penulis        : Suryadi, S.Pd.I
Penerbit    : Mitra Pustaka, Yogyakarta
Cetak        : VII, Oktober 2008
Tebal        : 196 Halaman

Satu tanggapan untuk “Manfaat Menjalankan Puasa Sunnah

  • 1 Agustus 2011 pada 06:15
    Permalink

    salam dan bahagia! mantap, selamat menunaikan ibadah di Bulan Ramadhan untuk semua kru yang menjalankan, termasuk berpuasa di dalamnya. Semoga ini bisa menjadi sarana kita meraih kemerdekaan dunia akherat, amien.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *