Fedora 12, Software Pilihan Pemula Linux

Save pagePDF pageEmail pagePrint page

Diawali dengan gambaran proses instalasi Fedora 12 menggunakan media DVDROM. Proses instalasi setidaknya membutuhkan kapasitas hard disk sebesar 10 GB yang nantinya akan dipartisi menjadi dua. Satu partisi untuk sistem dan satu partisi lagi untuk virtual memory (swap). Untuk dapat menjalankan antar muka grafik yang berat seperti GNOME dan KDE, setidaknya membutuhkan PC sekelas pentium IV dengan RAM sebesar 512 MB. Instalasi Fedora 12 juga dapat dilakukan melalui lokal hard disk dengan menggunakan file iso. Sebelum memulai instalasi penulis memberikan saran agar tidak lupa melakukan back up data, agar tidak kehilangan data penting apabila nantinya terjadi kesalahan pada saat instalasi.

Pada bab ke dua penulis menjelaskan mengenai manajemen paket distro Linux yang sering digunakan. Yellowdog Updater Modified (Yum), merupakan aplikasi manajemen paket berbasis teks (command line) yang digunakan sebagai deafult manajemen paket distro Fedora. Yum dapat menangani dependencies hell yang kerap dialami oleh para pengguna saat menginstal paket.

Selain aplikasi berbasis command line, Fedora 12 juga dilengkapi dengan manajemen paket berbasis graphical user
interface (GUI) yang berpenampilan mirip Add/Remove Software Microsoft Windows. Dengan menggunakan Fedora 12, pengguna awam dapat menggunakan Linux dengan sangat mudah, antara lain kemudahan dalam penggunaan package manager.

Tidak melulu mengenai teknik instalasi, buku ini juga memberikan gambaran mengenai administrasi sistem. Terdapat beberapa macam pengaturan di Fedora misalnya Firewall, Jaringan, User dan Group, Monitor, Printer, dan masih banyak lagi. Buku ini hanya menjelaskan beberapa pengaturan yang nantinya akan sering digunakan.

Open Office merupakan aplikasi perkantoran yang dapat menggantikan peran aplikasi lainnya yang bermasalah dengan lisensi. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai word processor, presentation, spread sheet, serta drawing. Menggunakan aplikasi ini dapat membuka file format Microsoft Word tanpa adanya perbedaan.

Untuk program multimedia, Fedora 12 hanya mendukung format multimedia free/open seperti OOG untuk musik dan
film. MP3, MPEG, MP4, FLV, dan lainnya yang memiliki format propietary diharuskan untuk menambahkan paket program agar Fedora dapat digunakan. Sedangkan untuk grafika berisi program F-spot Photo manager (f-spot), GNU Image Manipulation (GIMP), gThumb Image Viewer (gthumb), dan Scaner Tool (xscane).

Selain untuk kebutuhan desktop Fedora 12 dapat digunakan untuk kebutuhan server. Melalui buku ini, pembaca akan dijelaskan cara konfigurasi aplikasi server. Antara lain DNS server (Bind), Mail server (Postfix dan Sendmail), Webserver (Apache), File Server (Samba dan NFS), Database server (MySQL dan PostgreSQL), Proxy server (Squid), FTP server (vsftpd) dan DHCP server (DHCP) yang telah disediakan di paket-paket ekstra (repositori) DVD. Hal yang sangat menarik pada bab ini adalah dijelaskan mengenai cara instalasi blog WordPress, CMS Joomla, dan e-Learning dengan Moodle.

Buku ini telah dilengkapi DVD Fedora 12 beserta repository paket-paket ekstra untuk multimedia dan program penting lainnya. Bab-bab di buku ini disusun berdasarkan kebutuhan tiap pengguna. Sehingga pembaca dapat memulai dari bab mana saja yang menurutnya penting. Untuk mempermudah pemahaman terhadap materi, penulis memberikan langkahlangkah, dan contoh hasil yang diperoleh.

Salah satu kekurangan yang bisa ditemui antara lain tidak dijelaskan secara rinci bagaimana mengatur BIOS agar dapat melakukan booting dari DVD sebagai prioritas utama.

Dengan membaca buku ini, pembaca diharapkan mampu menginstal, menggunakan, menghapus, dan menambah program, mengonfigurasi sistem, serta menjalankan perintah dan mengedit file konfigurasi jaringan kabel dan wireless.[p]

2 tanggapan untuk “Fedora 12, Software Pilihan Pemula Linux

  • 18 Agustus 2011 pada 03:24
    Permalink

    ReSenSInya kurang mEnarik, bingung bacanya..y9 lain kok g updet???

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *